Bupati Jayapura Apresiasi Kerja Gugus Tugas Perangi COVID-19

Sentani - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengapresiasi semangat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Jayapura dalam rangka memerangi penyebaran virus corona.

"Saya mengapresiasi semangat kerja yang sudah ditunjukkan gugus tugas, ada tim kesehatan, pengawasan mereka semangat sekali, selalu apel sebelum dan sesudah bertugas," ungkap Bupati Mathius, Sabtu (11/7).

Dia mengatakan, semangat kerja yang ditunjukkan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Jayapura ini memang sudah memberikan bukti nyata, karena tidak saja berhasil dalam membatasi dan mengurangi meningkatnya penyebaran virus corona di tengah masyarakat tetapi juga berhasil dalam mengatasi pasien pasien yang sudah dinyatakan positif.

"Hari ini lebih dari setengah pasien positif COVID-19 di Kabupaten Jayapura sudah dinyatakan sembuh. Ini karena kerja keras dan dukungan dari kita semua," katanya.

Dia mencontohkan beberapa kegiatan yang sudah menunjukan keberhasilan, misalnya kerja tim survailens yang terus melakukan pelacakan terhadap warga yang sudah melakukan kontak erat dengan pasien terpapar COVID-19.

"Mereka yang tahu penyebarannya, cari, lacak dan didata semuanya. Ini kerja tidak muda, tanpa mereka penyebaran ini tidak bisa kita bendung," katanya.

Untuk itu, masyarakat diminta tetap menerapkan protokol kesehatan pada saat melaksanakan kegiatan atau beraktivitas di luar rumah khususnya di tempat umum seperti pasar rumah ibadah dan tempat-tempat pusat perbelanjaan.

"Juga yang menggunakan kendaraan umum harus melakukan protokol kesehatan. Ini tugas kita semua karena pemerintah tidak bisa mengatasi wabah ini kalau tanpa ada dukungan dari masyarakat," tambahnya.