Pemkab Bogor Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Terinovatif

Jakarta - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali meraih penghargaan Kabupaten Terinovatif se-Indonesia untuk keempat kalinya, pada ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), di Jakarta, Jumat (23/12).

Penghargaan IGA Award tahun 2022 diserahkan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas kepada Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor Suryanto Putra.

Prestasi Kabupaten Bogor yang diraih dalam IGA sebagai berikut, tahun 2017 peringkat ke-2, tahun 2019 peringkat ke-9, dan tahun 2020 dan 2021 peringkat ke-3. Tahun ini Kabupaten Bogor menyandang gelar Kabupaten Terinovatif peringkat ke-2 se-Indonesia.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, penerima penghargaan sudah melalui seleksi yang melibatkan lembaga-lembaga negara, akademisi, dan media, sehingga dilakukan betul-betul objektif.

“Saya harap acara ini bukan sekadar ritual tahunan, tapi betul-betul bisa mendorong daerah-daerah untuk terus berinovasi, membuat terobosan-terobosan kreatif, apalagi saat ini kita berada di era otonomi daerah, ruang untuk berkreasi lebih besar. Kemudian menciptakan iklim kompetitif antar kepala daerah untuk memajukan daerah masing-masing,” ungkap Tito Karnavian.

Selanjutnya, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas menuturkan, melayani masyarakat di daerah kabupaten lebih rumit karena jarak jangkauannya lebih luas dibanding dengan perkotaan. Menurut Anas, Kemendagri memotret ini dengan baik melalui kompetisi IGA Award.

“Saya melihat muncul daerah-daerah baru yang meraih penghargaan ini, artinya trennya mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Kekuatan Indonesia ini adalah di daerah-daerah, Pak Mendagri berhasil memotivasi daerah-daerah untuk terus berinovasi,” kata Azwar Anas.

Sementara itu, indeks inovasi daerah Kabupaten Bogor tahun 2018 sebesar 4.280, tahun 2019 sebesar 36.780, tahun 2020 sebesar 13.144 dan tahun 2021 sebesar 72.46  (sangat inovatif). Dua inovasi unggulan Kabupaten Bogor berdasarkan laporan inovasi ke kemendagri tahun 2022 yaitu berbentuk digital adalah PBB mobile dan non digital adalah Bogor Pain Center.

Plt Bupati Iwan Setiawan, pada saat memaparkan dua inovasi unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Selasa (22/11), menjelaskan, dua inovasi unggulan Kabupaten Bogor berdasarkan laporan inovasi ke Kemendagri tahun 2022 yaitu berbentuk digital adalah PBB mobile dan non digital adalah Bogor Pain Center.

“Dengan adanya Innovative Government Award (IGA) yang diselenggarakan setiap tahun, dapat memotivasi kami di daerah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tandas Iwan.

Iwan melanjutkan, sehingga kami bisa terus berkarya di era digitalisasi, kemudahan layanan-layanan yang ada kami buat dengan sistem digital, dengan membuat inovasi-inovasi ini yang berguna untuk masyarakat.