Wabup Tanah Datar Jaring Aspirasi Nagari Buo

Batusangkar - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian melakukan pertemuan dengan BPRN dan tokoh masyarakat Nagari Buo, Kecamatan Lintau Buo, Jumat (23/12) sore di aula kantor wali nagari setempat, dalam rangka menjaring aspirasi.

Di kesempatan tersebut, salah seorang tokoh masyarakat setempat Jasman Dewan menyampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Wakil Bupati Richi untuk perbaikan kapalo banda (Bendungan) Siambek yang berada di Jorong Kampung Tongah.

Menurutnya, bendungan tersebut sebelumnya rusak akibat dihanyutkan oleh galodo pada 2018 silam, hingga lebih kurang 40 hektar area persawahan yang dialiri oleh air bandar itu saat ini tidak dapat berproduksi lagi.

"Sudah sejak beberapa tahun terakhir sawah kami tidak berair, karena bendungan tidak berfungsi. Sudah beberapa kali dilaporkan namun belum terealisasi. Kami harap agar hal ini jadi prioritas," ujar Jasman Dewan.

Selain persoalan itu, Wali Nagari Buo Yulkusmayanto menyampaikan selain persoalan pertanian, Nagari Buo juga saat ini membutuhkan bidan desa yang hingga saat ini masih belum ada.

"Kami sudah sampaikan juga keluhan terkait hal itu, namun katanya kekurangan tenaga. Kami berharap agar ke depan hal ini dapat terealisasi karena sangat dibutuhkan, apalagi saat ini tengah gencarnya penanganan soal stunting," ujar Wali Nagari.

Yuskusmanto juga menambahkan, masyarakat dan para pemuda Nagari Buo juga mengharapkan perbaikan lapangan bola kaki karena kegiatan kepemudaan dan masyarakat dipusatkan di lapangan tersebut.

Sementara itu, Wakil Bupati Richi Aprian mengatakan, jika saat ini memang Pemkab Tanah Datar tengah gencarnya dalam mengatasi persoalan stunting. Oleh karenanya butuh perhatian dan bantuan serta dukungan dari semua pihak.

"Terkait soal kaduan dalam bidang pertanian, silahkan di data dahulu dimana lokasi bendungan dan area persawahan yang tidak bisa berproduksi. Nanti akan kami bahas ditingkat kabupaten," kata wabup.

Lebih lanjut untuk kebutuhan bidan, dikatakan Richi memang saat Pemkab Tanah Datar kekurangan tenaga medis ini akan kami tindak lanjut dengan dinas terkait bagaimana regulasinya.

Di akhir arahan, wabup juga mengajak agar warga dan tokoh masyarakat dapat bersatu untuk mendidik anak kemenakan agar terhindar dari kenakalam remaja dan pernikahan di bawah umur.