Kemenkominfo Puji Pertumbuhan Pesat BTS di Kabupaten Banjar

Martapura - Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar M. Aidil Basith melakukan kunjungan kerja ke Kantor Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI di Jakarta, Jumat (23/12) pagi

Kunjungan Basith dalam rangka melaporkan program Kemenkominfo RI N3T 3435 dalam rangka merdeka sinyal untuk kabupaten/kota se-Indonesia. Kabupaten Banjar pada usulan pertama pembangunan sebanyak 43 dan disetujui 30 BTS (Base Transceiver Station). Kemudian usulan kedua sebanyak 25 disetujui 17 BTS.

Dikatakan Basith, progres pembangunan BTS di Kabupaten Banjar dinilai kooperatif, paling bagus dan pesat dari total 47, disetujui 20 BTS.

“Sudah onair dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sisanya masih dalam proses pemasangan perangkat dan penyelesaian pembangunan BTS,” ungkap Basith.

Basith menambahkan, komitmen Pemkab Banjar dibawah kepemimpinan Bupati Saidi Mansyur dalam memberikan kemudahan terhadap pembangunan BTS sangat besar, baik dalam hal perizinan, penyediaan lahan dan kemudahan lainnya.

Bahkan lanjut Basith, masyarakat setempat turut membantu, terbukti dilokasi pembangunan BTS yang dibangun di atas lahan hibah dari warga, tepatnya di Dusun Bokor Desa Pematang Danau Kecamatan Mataraman yang membuktikan keseriusan dalam mensukseskan program ini.

Dalam kunker ini, Pemkab Banjar kembali menyampaikan usulan untuk 15 desa yang masih blank spot. Usulan diterima langsung oleh Pokja Pembangunan BTS Program N3T 3435 Dirjen PPI. Pemerintah pusat menerima dengan baik dan berjanji akan mengakomodir kembali usulan tersebut pada tahap ketiga.

Sementara, Kemenkominfo meminta agar Pemkab Banjar melengkapi data terkait usulan tersebut, guna lebih memudahkan dalam penentuan skala prioritas pembangunan BTS di seluruh daerah.