Bupati Gorontalo Minta Aparat Desa Dorong Pengembangan BUMDes

LIMBOTO, sulutGO - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menghadiri dan membuka kegiatan Pelatihan Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Kabupaten Gorontalo Tahun 2019.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Asisten I Setda Kabupaten Gorontalo Selmin Papeo, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gorontalo Nawir Tondako ini, dilaksanakan di Aula Kantor PMD, Senin (12/3).

"Menurut saya BUMDes ini sangat strategis. Karena yang pertama, perubahan itu tidak hanya dari atas akan tetapi harus dilakukan dari bawah juga, yakni dari ringkat desa," ujar Nelson.

Bupati optimistis jika BUMDes ini berhasil dijalankan dengan baik, maka kesejahteraan rakyat pun akan meningkat.

"Sebab fungsi BUMDes ini menurut saya ada beberapa, satu adalah pelayanan masyarakat dan kedua adalah dalam rangka peningkatan kesejahteraan. Jadi saya bisa membayangkan kalau BUMDes itu luar biasa kemajuannya, maka roda ekonomi Indonesia itu akan lebih besar," katanya.

Selain itu, lanjut Nelson, fungsi ketiga BUMDes yakni juga sebagai alat mengembangkan sumber daya alam di desa. Dimana potensi wilayah alam di desa seharusnya bisa dikembangkan dan dikelola melalui BUMDes dari berbagai bidang.

"Fungsi ke empat adalah, meningkatkan pendapatan aparat yang dalam hal ini pengurus BUMDes, sehingga ini menjadi nilai tambah pendapatan bagi aparat yang kita tahu gajinya tidak seberapa. Dan itu sah apabila diperdeskan oleh BPD," ujar Bupati Nelson.

Bupati Nelson meminta agar kepala desa dan aparat serta BPD dapat mendorong dan mengembangkan BUMDes ini dengan baik.

"Satu yang perlu dilakukan yakni bagaimana mengelola bumdes dengan baik, dan sosialisasi ini sangat penting. Maka saya ingin kalau bisa dilakukan sosialisasi ini hingga pada teknisnya, bagaimana membangun semangat usaha dengan baik," tambahnya.

Terakhir Nelson berpesan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya karena sangat bermanfaat bagi pengelola BUMDes. (IRF)