Wabup Tanah Datar Serahkan Hadiah Tiga Nagari Pemenang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

Batusangkar - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian menyerahkan Penghargaan Tingkat Kepatuhan Tinggi dan Hasil Pemenuhan Komponen Standar Pelayanan bagi Perangkat Daerah, UPTD Puskesmas dan Pemerintah Nagari, serta Penyerahan Hadiah Pemenang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah Nagari Tahun 2022, di aula kantor bupati di Pagaruyung, Kamis (29/12).

"Pemerintah telah meluncurkan Program Unggulan/Progul dengan tagline Pelayanan Publik Tanah Datar di Ujung Jari atau Peluk Tanda Diri diawali Dinas Kesehatan, Dukcapil dan Dinas PMPTSP Naker. Dan sampai saat telah ditindaklanjuti 23 Perangkat Daerah yang mengakomodir 38 Inovasi terkait Pelayanan Publik," ujar Richi.

Diungkapkan Wabup Richi, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berdasarkan penilaian Pelayanan Publik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan penilaian atas Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya.

"Penilaian Pelayanan Publik dari KemenPAN RB dengan peningkatan penilaian dari B menjadi A- dengan rincian Dinas PMPTSP Naker kategori A- dengan indeks 4,22 peringkat ke 142 se Indonesia, Dinas Dukcapil kategori A- dengan indeks 4,46 peringkat 52 se Indonesia. Kemudian Ombudsman RI menilai kepatuhan Pemkab Tanah Datar dengan nilai 88,11 zonasi hijau, ini meningkat dari tahun 2021 yang berada di zona Kuning dengan nilai 76,31," terangnya.

Oleh karena itu, tambah Wabup Richi, tentunya diharapkan semua OPD,UPT Puskesmas dan Pemerintah Nagari terus melahirkan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Penilaian ini tentunya memberikan motivasi dan semangat bagi kita semua, namun yang penting adalah aplikasi dan pelaksanaan di lapangan, karena masih ada laporan dari masyarakat tentang oknum yang berbuat nakal dalam memberikan pelayanan, hal ini harus dihilangkan dan diberantas," ujarnya.

Terakhir, wabup menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), UPT Puskesmas dan Pemerintah Nagari yang telah menerima penghargaan.

"Selamat kepada penerima penghargaan, semoga ini menjadi motivasi bagi yang lain, tetap pertahankan dan tingkatkan untuk lebih baik lagi ke depannya," tandas Richi.

Sebelumnya, pelaksana kegiatan yang juga Kabag Organisasi Irsyad menyampaikan kegiatan bertujuan untuk memotivasi OPD untuk meningkatkan layanan dan terus berinovasi setiap tahunnya.

"Penilaian dilakukan tim penilai Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten pada triwulan ke =-IV terhadap kepatuhan dan standar layanan. Dan tahun 2023 akan dilakukan penilaian 4 dimensi lagi yakni kompetensi, penyelenggara, pemenuhan sarana dan prasarana serta pemenuhan standar pelayanan dan pengelolaan pengaduan," katanya.

Dikatakan Irsyad, dari 75 Nagari hanya 6 Nagari yang mengikuti kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2022, yakni Nagari Baringin bernama Prosehati (Profesional dan Sepenuh Hati), Nagari Gurun bernama Ramah Silancar (Ramah terhadap Pelayanan dengan Sistem Layanan Cepat dan Akurat), Nagari Cubadak bernama Pacu Biduak (Pelayanan Cubadak bagi Penduduk), Nagari Balimbiang bernama Silamang Tapai (Sistem Pelayanan Masyarakat Nagari Tepat fan Tercapai), Nagari Pitalah bernama COD (Cepat, Optimal dan Diantar ke Rumah), dan Nagari Tabek Patah bernama Siana (Sistem Administrasi Nagari).

"Alhamdulillah, tiga nagari terbaik bakal menerima piagam dan uang pembinaan, juara 1 sebesar Rp25 juta, juara 2 Rp15 juta dan juara 3 sebesar Rp10 juta," tandasnya.

Adapun nagari yang menjadi Juara 1 adalah Nagari Cubadak Kecamatan Lima Kaum, Juara 2 Nagari Pitalah Kecamatan Batipuh Selatan dan Juara 3 Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab.

Sedangkan OPD yang masuk Zonasi Hijau dengan nilai 100 adalah Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas Dikbud, Inspektorat, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan PPA, Dinas Dukcapil, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfo, Dinas PMPTSP Naker, Dinas Parpora, BKPSDM, RSUD M. Ali Hanafiah, Camat Lima Kaum, Camat Sungayang, Camat Sungai Tarab, Camat Salimpaung dan Camat Padang Ganting. Sedangkan UPT Puskesmas adalah Puskesmas Lima Kaum I, Puskesmas Lima Kaum II dan Puskesmas Pagaruyung.

Turut hadir Sekretaris Daerah Iqbal Ramdi Payana, Asisten I Elizar, Asisten III Helfy Rahmy Harun, kepala OPD, Camat dan Wali Nagari se-Tanah Datar.