Puncak Festival Tutup Event Kabupaten Bogor Tahun 2022

Cisarua - Puncak Festival menjadi event penutup Kabupaten Bogor, Jawa Barat, di penghujung tahun 2022 yang berlangsung di Kecamatan Megamendung, Sabtu (31/12)

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan ingin ke depan event Puncak Festival bisa lebih baik dan lebih besar, agar masyarakat Puncak dan sekitarnya punya tujuan hiburan, menghabiskan waktu malam pergantian tahun.

Beragam hiburan ditampilkan untuk menghibur masyarakat dalam merayakan tahun baru, mulai dari pertunjukan tari-tarian, musik, bazar, hingga pertunjukan seni budaya tradisional dan modern. Acara juga dimeriahkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Bogor.

Iwan Setiawan mengatakan, tujuan diselenggarakannya Puncak Festival adalah menghibur warga Puncak dan sekitarnya. Kegiatan ini diinisisasi PHRI Kabupaten Bogor, Pemkab Bogor sifatnya hanya memfasilitasi. Menurutnya, event Puncak Festival ini luar biasa, meski baru pertama kali diselenggarakan, namun melihat antusias masyarakat pada event ini, dirinya ingin Puncak Festival terus dilanjutkan setiap tahunnya.

“Masyarakat Puncak jika libur tahun baru bingung mau kemana, daripada masyarakat Puncak tidak punya tujuan untuk merayakan tahun baru, lalu lalang di jalan ikut-ikutan macet. Alhamdulillah, hari ini masyarakat sudah punya tujuan,” kata Iwan.

Iwan mengungkapkan, tahun depan kita akan terus berkolaborasi dengan para stakeholder melaksanakan event di daerah wisata dengan mengundang seluruh masyarakat Kabupaten Bogor.

"Jadi inginnya di setiap wilayah ada acara seperti ini yang dilaksanakan serentak, di wilayah timur ada, di barat ada, selatan ada, dan utara ada," ujarnya.

“Saya perintahkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, agar bisa mempertimbangkan hal ini agar semua masyarakat Kabupaten Bogor punya tujuan untuk merayakan tahun baru. Menghibur masyarakat tentunya dengan kegiatan-kegiatan yang positif,” lanjut Iwan.

Iwan berharap event ini ke depan bisa lebih baik dan lebih besar lagi, karena Pemkab Bogor sangat mendukung dan ingin terus berkolaborasi untuk memaksimalkan potensi yang kita miliki agar masyarakat bisa merasakan bisa menikmati kegiatan akhir tahun yang akan datang.

Sementara itu, Ketua PHRI Kabupaten Bogor, Juju Junaedi menjelaskan, pihaknya menampung aspirasi masyarakat, khususnya di wilayah Puncak dan sekitarnya yang ingin mengadakan acara tahunan Puncak Festival.

"Mudah-mudahan Puncak Festival ini bisa didukung oleh Pemkab Bogor, bahkan oleh pemerintah provinsi dan pemerintah pusat," ujarnya.

“Bahwa di Kabupaten Bogor, khususnya di lokasi destinasi wisata nasional ini ada yang namanya Puncak Festival. Jadi Puncak tidak terkenal hanya macetnya saja, karena sebetulnya kita punya banyak potensi. Kedepan PHRI Kabupaten Bogor bersama aliansi masyarakat di puncak ini bisa menyelenggarakan Puncak Festival lebih baik lagi,” tandas Juju.