Pemkot Tasikmalaya Gelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti ke-77 Kemenag

Tasikmalaya - Pemerintah Kota Tasikmalaya menggelar upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama tingkat Kota Tasikmalaya bertema "Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat".

Pada kesempatan ini, Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam pidato Menteri Agama RI yang dibacakan oleh Pj Wali Kota Tasikmalaya, mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat.

"Mari jadikan peringatan HAB ke-77 ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia," ujarnya.

Selanjutnya, pada kesempatan ini, Cheka mengapresiasi dan berterima kasih kepada Disdukcapil dan Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya atas sinergitas dan kolaborasi dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

"Seperti halnya kolaborasi yang telah dijalankan antara Pemerintah Kota Tasikmalaya dengan Kantor Kementerian Agama setempat untuk program “Pasutri” atau Pasca Akad Nikah, pengantin terima kartu keluarga dan KTP elektronik yang telah di-launching sejak 11 Desember 2022. Hingga 3 Januari 2023 ini telah masuk 29 pengajuan dan 11 diantaranya telah selesai diproses," jelasnya.

Dirinya berharap kedepannya akan banyak lahir inovasi maupun terobosan-terobosan lainnya yang tentunya akan mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

"Sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, Kementerian Agama tahun ini mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 10.073 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Agama. Maka setelah selesai upacara dilaksanakan penganugerahan penghargaan kepada tenaga pendidik dan kependidikan berprestasi di Kota Tasikmalaya," ujarnya.