Wali Kota Dumai Sambut Kehadiran Presiden Resmikan SPAM Regional Durolis

Rohil - Wali Kota Dumai Paisal, bersama Bupati Bengkalis Kasmarni, dan Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong menyambut kehadiran Presiden Joko Widodo dan rombongan dalam agenda peresmian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis (Durolis), Kamis (5/1).

Peresmian SPAM yang berada di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rohil tersebut, ditandai dengan penandatanganan batu prasasti.

Dilanjutkan dengan pemutaran keran saluran SPAM Durolis oleh Presiden Republik Indonesia didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Riau Syamsuar, dan Forkopimda Provinsi Riau.

Sebelum melakukan peresmian, Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Riau Syamsuar dan Forkopimda Provinsi Riau, menyempatkan waktu untuk berkeliling dan melihat langsung pengolahan air di beberapa bak penampungan air.

Dikutip dari laman website Media Center Riau, Presiden Jokowi menjelaskan, SPAM Durolis ini dibangun di atas lahan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dengan nilai investasi mencapai Rp396,6 miliar.

SPAM yang dibangun pada tahun 2017 ini bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat sebanyak 160 ribu jiwa di tiga kabupaten/kota di Provinsi Riau.

“Uang yang tidak sedikit yang dikeluarkan Kementerian PUPR dan tanahnya disediakan 5 hektare oleh Kabupaten Rokan Hilir,” lanjutnya.

Meskipun dalam tahap pengembangan pertama kapasitas air SPAM Durolis masih 400 liter per detik dari rencana 1.500 liter per detik, Presiden berharap nantinya SPAM Durolis dapat menyalurkan lebih banyak air minum ke rumah tangga.

“Kita harapkan ini masih memiliki space ruang yang masih banyak yang nanti bisa disalurkan ke lebih banyak lagi air minum ke rumah tangga-rumah tangga yang ada di sini,” imbuhnya.

Untuk itu, Presiden mendorong agar pengembangan SPAM Durolis dapat terus ditindindaklanjuti dan diselesaikan. Kepala Negara pun berharap adanya SPAM Durolis dapat memenuhi kebutuhan air minum dan menyejahterakan masayarakat.

“Semoga ini menjadi penyediaan air minum dengan kualitas yang baik bagi Rokan Hilir, Bengkalis, dan Dumai yang akan menyehatkan, menyejahterahkan masyarakat kita,” tandasnya

Seusai acara peresmian, Wali Kota Dumai, H. Paisal mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Pemerintah Provinsi atas afinitas dan perhatiannya dalam pelaksanaan pembangunan SPAM Regional Durolis.

"Alhamdulillah, ini suatu keberkahan untuk Riau, khususnya Kota Dumai. Kurang lebih 1.800 sambungan rumah di Kota Dumai sudah dapat menikmati air bersih yang disalurkan dari SPAM Durolis ini," ucapnya.

Melalui peresmian SPAM Durolis oleh orang nomor satu RI ini, Paisal berharap agar jumlah sambungan rumah tangga dalam penyediaan air dapat ditingkatkan, agar manfaat air bersih lagi menyehatkan yang dihasilkan benar - benar dirasakan masyarakat.