Pemkab Banjar Gelar Syukuran Peringatan Harkanas

Martapura - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (Ketapang Perikanan) menggelar syukuran peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) yang mengusung tema “Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan untuk Generasi Unggul” sekaligus Hari Nusantara 2023 bertema “Ekonomi Biru untuk Indonesia lebih Kuat”, Kamis (5/1).

Bupati Banjar Saidi Mansyur menyampaikan, peringatan Harkanas dan Hari Nusantara tahun ini tidak dilaksanakan secara seremonial, namun syukuran dan silaturahmi dengan temu lapang para pelaku usaha perikanan dalam upaya peningkatan produksi baru, khususnya pembudidaya milenial.

“Ia berharap adanya kegiatan ini seluruh jajaran perikanan bisa merapatkan barisan, karena potensi besar perikanan yang ada di Kalsel adalah Kabupaten Banjar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketapang dan Perikanan Ahmadi menyebut tempat kegiatan tersebut dinobatkan sebagai salah satu kampung ikan papuyu yang diresmikan oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan.

“Ada 41 kolam dengan luas 2 hektare ditambah dengan kolam kecil untuk pameran sebanyak 12 kolam diisi berbagai ikan seperti papuyu, patin dan nila,” ucapnya.

Di akhir kegiatan dilakukan penyerahan bantuan benih dan pakan ikan sebanyak 10 paket dari Bupati Banjar kepada Pokdakan Sejahtera Desa Tungkaran Kecamatan Martapura. Bantuan kolam terpal sebanyak 5 paket untuk Pokdakan Harapan Barokah Kecamatan Karang Intan.

Dilanjutkan bantuan Bioflok dari BPBAT Mandiangin sebanyak 1 paket untuk Pokdakan Berkah Mandiri Sejahtera Desa Cindai Alus Kecamatan Martapura dan bantuan benih papuyu sebanyak 10.000 dari BPBAT Mandiangin kepada Pokdakan Papuyu Sakti Desa Karang Intan Kecamatan Karang Intan.

Di kesempatan yang sama, bupati Banjar dan wakil bupati, serta SKPD terkait lakukan peninjauan kolam sekaligus memberikan pangan ikan.