Mathius Awoitauw Beri Pesan Khusus kepada Pj Bupati Jayapura

Sentani - Mantan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menyampaikan bahwa pihaknya tetap memberikan support dan semangat kepada Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo.

"Kita kasih support ya, untuk Pj Triwarno tetap semangat. Karena (kabupaten) Jayapura ini dinamis, tetap semangat dan kami yang (ada) di luar ini tetap mendukung apapun yang terbaik untuk masyarakat Kabupaten Jayapura. Kita akan selalu bersama-sama untuk memperlancar yang terbaik itu," kata Mathius ketika menjawab pertanyaan wartawan, saat ditemui di Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (6/1).

Ditegaskan Mathius, terhitung 12 Desember 2022 lalu, tampuk kepemimpinan Kabupaten Jayapura dibawah komando Pj Bupati Jayapura yakni, Triwarno Purnomo. Artinya, kewenangan selanjutnya ada di tangan Pj, mendukung yang terbaik bagi masyarakat yang ada di Bumi Khenambay Umbay.

"Jayapura mau dibawa kemana, itu tergantung Pj Bupatinya," ujarnya singkat.

Lanjut Mathius mengingatkan kepada Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, agar mempertahankan dan melanjutkan pencapaian yang telah diraih Pemkab Jayapura selama kepemimpinan dia bersama Giri Wijayantoro (mantan Wakil Bupati Jayapura).

"Yang baik tolong dipertahankan dan dilanjutkan. Kalau ada yang mesti diperbaiki, silahkan saja," katanya.

"Program-program itu ada dasar hukumnya, yang ditetapkan dengan Perda, ditetapkan dengan adanya aturan-aturan yang telah dibuat, ada kajian-kajian juga sebelum ditetapkan. Jadi, semua program itu mendapatkan kekuatan hukum, juga dapat dukungan masyarakat. Saya pikir itu tidak bisa dirubah dalam waktu singkat, tetapi menyempurnakan dan memperlancar terus mengefektifkan, itu bisa dilakukan dan terserah dari Pj. Mungkin dia punya ilmu lebih cepat, ya bisa saja," tambahnya.

Ditanya apakah ada pesan khusus untuk Pj Bupati Jayapura, Mathius berpesan agar Pemda harus solid untuk mendukung.

"Saya minta bapak Pj dalam bekerja fokuslah dengan tujuan akhir pencapaian cita-cita dari pemimpin-pemimpin Kabupaten Jayapura terdahulu. Jangan dengarkan orang yang memiliki kepentingan pribadi, kelompok dan lain-lainnya. Fokuslah pada tujuan dari orang-orang terdahulu yang pernah memimpin kabupaten Jayapura ini. Saya yakin, jika itu menjadi komitmen bapak Pj, maka kabupaten Jayapura bisa bersaing dengan daerah-daerah lain,” tandasnya.