Bupati Kubu Raya Serahkan DPA dan UP SKPD

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bersama Sekretaris Daerah Yusran Anizam menghadiri  penyerahan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) SKPD, uang persediaan (UP) sekaligus penandatanganan Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas Tahun Anggaran 2023, di Aula Pamong Praja Utama pada Rabu (11/1).

Kepala BPKAD Kabupaten Kubu Raya Gunawan mengatakan pendapatan yang dianggarkan pada tahun 2022 dari target 1,603 triliun realisasi mencapai 1,537 triliun atau 95,89%. Ia menuturkan dari 37 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kubu Raya memiliki serapan anggaran yang cukup baik dengan rentang antara 90 hingga 99%.

"Untuk Organisasi tertinggi kategori pengelolaan dana dibawah 10 Miliar diberikan kepada Inspektorat Daerah Kabupaten Kubu Raya dan diatas 10 Miliar kepada BPKAD Kubu Raya. Hal ini menunjukkan bahwa setiap OPD berhasil menyerap anggaran yang proporsional," ujar Gunawan.

Menurut Gunawan, dengan penggunaan Cash Management System (CMS) menjadikan proses pencairan dana lebih cepat dan akuntabel sehingga mengurangi adanya tindakan kecurangan.

Sementara ditemui usai kegiatan, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan berharap di tahun ini para SKPD dapat bekerja lebih cepat namun terukur sehingga penyerapan anggaran dan realisasi kerja pada 2023 dapat lebih meningkat.

"Ya kita pasti mendorong agar SKPD dapat membuat peta agar program yang mereka buat bisa dilakukan dengan cepat dan terukur. Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan terus berupaya guna sektor infrastruktur, pendidikan dan kesehatan dapat terus ditingkatkan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat," pungkas Bupati Muda.