Pemkot Dumai dan Forkopimda Rapat Persiapan Lomba Kampung Tangguh Anti Narkoba

Dumai - Asisten III Setdakot Dumai

Muhammad Syafei bersama Kepolisian Resor (Polres) Dumai dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar rapat persiapan Lomba Kampung Tangguh Anti Narkoba di Command Center Polres Dumai, Selasa (17/01/2023).

Dalam sambutannya, Wakapolres Dumai Kompol Josina Lambiombir mengatakan, lomba yang digelar Mabes Polri yang diadakan di tingkat Polres ini, yaitu Inovasi Kampung Tangguh Anti Narkoba yang berada di Kampung Laksamana ataupun kampung dalam. Bagaimana kampung tangguh anti narkoba dibuat inovasi yang selama ini sudah ada untuk dipercantik kembali sehingga tampilannya bagus dan ada nilai jualnya di tingkat nasional.

"Mari kita hilangkan image bahwa kampung Laksamana ataupun kampung-kampung narkoba. Mari kita tingkatkan perekonomian bagi masyarakat Kota Dumai khususnya di kampung tersebut. Mari kita sama-sama buat inovasi yang bagus baik dari TNI/Polri, OPD Pemkot Dumai, serta dari masyarakat seperti karang taruna untuk mempercantik Kampung Tangguh Anti Narkoba ini dari sekarang," katanya lagi.

Sementara itu, Asisten III Setdakot Dumai Muhammad Syafei menjelaskan bahwa Pemerintah Dumai setiap tahun membuat inovasi dengan merapikan proposal memberikan data-data yang betul-betul update. Dalam inovasi perlu mengetahui sasaran dan tujuan dalam mendirikan kampung tangguh anti narkoba seperti sosialisasi sehingga merubah pola pikir, integrasi program dengan keterlibatan semua pihak dalam membuat infrastruktur yang memerlukan inovasi pemikiran yang berkembang sehingga mengetahui apa perubahan-perubahan yang terjadi dan yang tidak kalah pentingnya fokus nilai yang diperoleh bagi masyarakat.

"Dua nilai yang perlu kita tonjolkan yaitu nilai ekonomi dan nilai pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

Sedangkan, Kasat Narkoba Polres Dumai Iptu Mardiwel yang menyebutkan Kampung Tangguh Anti Narkoba di Kota Dumai sudah dibuat semenjak tahun 2018.

"Dalam pemberantasan narkoba, negara telah menghabiskan triliunan rupiah dalam mengejar pengedar sampai kurir. Pencegahan dalam peredaran narkoba diutamakan dengan menggandeng semua pihak, harapannya dalam mempercantik kampung ini perlu potensi inovasi dari masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Camat Dumai Kota Indra Safawi menambahkan Kampung Laksamana pernah dijadikan kampung wisata pesisir yang merubah kampung laksamana kampung dalam menjadi kampung wisata, yang perlu diperhatikan dalam perbaikan dikampung laksamana terjadinya pasang rob air laut, perlu kita bersama-sama memikirkan dalam mempercantik kembali Kampung Tangguh Anti Narkoba.

Sedangkan, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Dumai Norzam menyampaikan, adapun lahan kosong yang berada di kampung laksamana dengan membuat panggung seni dengan dihiasi taman sehingga membuat daya tarik bagi remaja-remaja untuk berkumpul melakukan hal-hal yang positif yang nantinya membuat daya tarik bagi masyarakat, perlu kita jadikan tempat wisata dengan merangkul masyarakat.

Sedangkan, Pasi Intel Kodim 0320/Dumai Letda Inf Marihot Meha menyebutkan dalam pembuatan Kampung Tangguh Anti Narkoba mengangkat nilai ekonomi dan nilai pemberdayaan masyarakat yang memerlukan pendekatan kepada masyarakat dengan membentuk pelatihan-pelatihan bagi kehidupan masyarakat di sekitar, usaha rumahan perlu ditingkatkan seperti pembuatan suvenir dalam meningkatan nilai ekonomi.