Ikuti Webinar Kemendagri, Pemkot Dumai Siap Sukseskan Pemilu Serentak 2024

Dumai - Wali Kota Dumai dalam hal ini yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Indra Gunawan mengikuti webinar Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), di Ruang Rapat Wan Dahlan Ibrahim, Rabu (18/1).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri tersebut bertemakan "Momentum Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 Sebagai Wujud Pembinaan Kesadaran Bela Negara, Sarana Pembinaan Ideologi Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan".

Adapun tujuannya dilaksanakan kegiatan tersebut agar penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar yang dimana pada tahun 2024 tersebut dilaksanakan pemilu secara serentak untuk Pemilu Presiden, DPR, DPD, dan DPRD.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Yulianto Sudrajat, dalam paparannya menyampaikan bahwa tahapan pemilu akan terus berjalan dan KPU juga akan fokus dan dibutuhkan juga dukungan dari semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraannya.

"Potret Dinamika Pemilu di Indonesia pada tahun 2024 setiap partai politik harus melalui proses verifikasi faktual dari KPU, tentang elemen pemilu ada regulasi atau undang-undang tentang penyelenggaraan pemilu kemudian penyelenggaraannya dan pesertanya adalah partai politik dan juga ada yang persorangan," ucapnya.

Sedangkan, Deputi I Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prakoso menjelaskan politik sudah ada pada zaman dahulu yang dimana sudah ada sebelum terbentuknya negara Indonesia.

"Dalam sejarahnya Politik di Indonesia sudah ada pada zaman Belanda dulu, politik yang ada pada zaman sekarang sudah berlandaskan pada undang-undang, sedangkan amanah dari Pancasila itu sendiri adalah bertujuan untuk mencerdaskan bangsa, dan jangan menyampaikan ujaran kebencian dalam demokrasi sehingga toleransi antar umat tetap terjaga," harapnya.

Turut hadir juga pada kesempatan tersebut yaitu, Komisioner KPU Kota Dumai, Kesbangpol, Perwakilan Diskominfo dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Dumai.