Rayakan Imlek, Pemkot Dumai Gelar Festival Lomba Lampion

Dumai - Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kembali menggelar Festival Lomba Lampion dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2574/2023.

Wali Kota Dumai, dalam hal ini diwakili Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Syahrinaldi, didampingi Kepala Disdikbud Yusmanidar meninjau langsung proses penilaian yang dilakukan oleh para dewan juri, pada Sabtu (21/1) malam.

Di sela sela kunjungannya, Yusmanidar mengungkapkan bahwa Festival Lampion 2023 diikuti oleh warga Tionghoa Dumai sebanyak kurang lebih 20 peserta.

"Penilaian dilakukan langsung oleh tim juri dari Disdikbud dalam hal ini bidang budaya, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Dumai dan Dewan penilai lainnya berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan, seperti keindahan, dan kerapian," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pengumuman penilaian akan diumumkan sekitar 27 Januari mendatang, tentunya Pemkot Dumai telah menyiapkan hadiah.

"Bahwa lomba lampion atau Festival Lampion ini dalam rangka menyemarakkan perayaan Imlek di kota Dumai, sekaligus sebagai wujud kebhinekaan, bahwa Dumai, yang terdiri dari berbagai suku bangsa, tetap rukun dalam berkehidupan," jelasnya

Sementara itu, Asisten II Syahrinaldi mengapresiasi kegiatan yang digelar untuk memeriahkan perayaan tahun baru masyarakat etnis Tionghoa tersebut.

"Beberapa titik penilaian telah kami lihat bersama para dewan juri. Saya akui memang antusias peserta patut mendapatkan acungan jempol," imbuhnya.

Dirinya berharap dengan kegiatan ini, bisa menambah rasa kebersamaan suku bangsa di kota Dumai, dalam mewujudkan Dumai sebagai kota Idaman.

"Mari bergandengan tangan untuk memajukan kota Dumai, dalam mewujudkan Dumai kota Idaman," pesannya.