Peringati Hari Gizi Nasional, Wabup Sanggau Minta Kerja Sama Tekan Stunting

Sanggau - Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot dan juga sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sanggau membuka Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-63 di Kraton Surya Negara Sanggau, Kalimantan Barat, Senin (30/1).

"Saya berharap pemerintah daerah melalui OPD teknis Dinas Kesehatan terus bekerja sama memperbaiki data, sehingga dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Sanggau," ujarnya.

Yohanes Ontot juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah juga sudah menyiapkan berbagai langkah dalam menurunkan angka stunting di antaranya akan mengangkat Ayah dan Bunda Stunting untuk mendampingi program penurunan angka masalah gagal tumbuh tersebut di Sanggau.

"Saya berharap semua leading sector dan peran masyarakat serta remaja yang hadir dapat bekerja sama berusaha menekan angka stunting di Kabupaten Sanggau," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Ginting menyampaikan bahwa Hari Gizi Nasional adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya mencukupi kebutuhan gizi seimbang guna menunjang pertumbuhan tubuh dan kesehatan masyarakat Indonesia.

"Hari Gizi Nasional diperingati setiap 25 Januari. Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi seimbang bagi masyarakat Indonesia," tuturnya.

Kemudian saat diwawancarai, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau menjelaskan perihal pentingnya data dalam pengambilan keputusan.

“Dalam pelaksanaan program penurunan angka stunting, data merupakan hal yang sangat penting sehingga pengambilan kebijakan dapat dilakukan dengan tepat dan baik,” ujar Ginting.

Ia kemudian menjelaskan penggunaan alat yang standar sehingga harapannya hasil pendataan dan pengukuran lebih akurat sehingga tidak terjadi selisih data dengan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI).

“Saat ini kita sedang memenuhi alat yang standar yakni antropometri yang saat ini baru terpenuhi sekitar 65 persen dengan harapan setiap posyandu kita punya alat tersebut agar hasil pengukuran tidak keliru,” tandasnya.