Musrenbang Kecamatan SDL 2023, Masyarakat Sampaikan Usulan Pembangunan

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan SDL Tahun 2023, di Aula Kantor Camat Semende Darat Laut (SDL), Kamis (2/2).

Kegiatan dengan tema “Stabilitas Ekonomi dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Dasar” tersebut dibuka oleh Bupati Muara Enim yang diwakili oleh Kepala Bappeda Mat Kasrun.

Dalam sambutannya, Mat Kasrun menyampaikan bahwa tahun 2023 merupakan tahun akhir pelaksanaan visi misi #MERAKYAT, kemudian sebagai penggantinya Pemkab Muara Enim akan menyusun Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2024-2026 sebagai pedoman pembangunan.

“Keberhasilan program #MERAKYAT yang dilaksanakan pada tahun 2018-2023 dapat dilihat dari berbagai indikator seperti turunnya angka kemiskinan, meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), meningkatnya pendapatan perkapita, serta penurunan angka stunting,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Bappeda meminta para kepala desa untuk lebih selektif dalam memilih para penerima bantuan sosial dari pemerintah agar bantuan dapat tepat sasaran sehingga secara otomatis akan menurunkan angka kemiskinan.

Dalam kesempatan yang sama, untuk mendukung Kecamatan Semende Darat Laut sebagai pusat agribisnis di Kabupaten Muara Enim bahkan Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Desa Pulau Panggung Bagus Purba meminta agar distribusi pupuk bersubsidi dapat dikelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) agar dapat lebih maksimal dan tepat sasaran sehingga dapat meningkatkan produksi pertanian maupun perkebunan yang ada di Kecamatan SDL.

Dalam kesempatan itu, disampaikan berbagai usulan oleh masyarakat Kecamatan SDL dalam Musrenbang ini seperti pembangunan infrastruktur jalan Desa Pagar Dewa menuju Desa Pagar Agung, pelebaran jalan Desa Pagar Agung menuju Desa Tanah Abang, larangan menangkap ikan dengan putas serta setrum di Sungai Enim di Wilayah Kecamatan SDL,  usulan jaringan internet di RSUD Semendo dan Puskesmas Pulau Panggung serta pembangunan Tower BTS di Desa Karya Nyata.

Menanggapi usulan penambahan jaringan internet pemerintahan di RSUD Semendo dan Puskesmas Pulau Panggung, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muara Enim, Ardian Arifanardi yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Data, Informasi Publik dan Statistik, Harry Aries Saputra menyampaikan, Dinas Kominfo akan berusaha untuk mengakomodir usulan tersebut karena merupakan bagian dari tugas Dinas Kominfo yang secara tidak langsung untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Sementara itu, untuk usulan pembangunan BTS sendiri, Dinas Kominfo akan membantu menyampaikannya ke provider seluler terkait karena sesuai Peraturan Pemerintah No. 52 Tahun 2000, hal ini bukan hak dan kewenangan dari pemerintah,” tambah Harry.

Turut hadir, kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Muara Enim, kapolsek Semende Raya, danramil Semende Raya, kepala UPTD Se-Kecamatan SDL, perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh pemuda se-Kecamatan SDL.