Kembangkan Usaha Peternakan, Wali Kota Dumai Tinjau Kelompok Tani Mekar Jaya

Dumai - Wali Kota Dumai Paisal melakukan kunjungan kerja di Kelurahan Gurun Panjang, Kecamatan Bukit Kapur, Kamis (2/2).

Paisal didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai Nurzerwan, dalam rangka menjalin silaturahmi sekaligus meninjau lokasi ternak sapi Kelompok Tani Mekar Jaya RT 02. Selain meninjau, orang nomor satu Dumai itu juga melakukan diskusi dengan kelompok tani terkait pengembangan ternak yang merupakan salah satu bagian dari sektor pertanian.

"Kami dari Pemkot Dumai memiliki rencana jauh ke depan untuk mengembangkan sektor pertanian yang lebih produktif, berjalan dengan efektif dan efisien," ucap Paisal, Kamis (2/2).

Menurutnya, produksi ternak merupakan sebuah aktivitas ekonomi dan tentu saja harus berjalan dengan efektif dan efisien, sehingga para peternak di Kota Dumai dapat merasakan kesejahteraan.

Paisal juga menanyakan beberapa hal termasuk kondisi hewan ternak, kesehatan dan perkembangannya kepada ketua dan anggota kelompok tani.

Sebelumnya, Kepala DKPP Dumai Nurzerwan mengungkapkan, Pemko Dumai melalui DKPP telah membentuk sebuah program inovasi yang disebut “SAPAAT” (SApi Penerusan ManfAAT).

"SAPAAT merupakan salah satu inovasi sebagai wujud usaha Pemko Dumai dalam pengembangan ternak sapi potong yang berkesinambungan dengan menumbuhkan dan mengedepankan rasa tanggung jawab dari kelompok penerima bantuan ternak sapi dengan cara menumbuhkan kesadaran dan kesediaan sendiri untuk meneruskan manfaat ternak sapi potong kepada kelompok ternak yang lainnya," ungkapnya.

Lebih lanjut Nurzerwan menerangkan, inovasi ini dijalankan agar peternak merasa memiliki ternak tersebut sehingga dengan sepenuh hati bertanggung jawab terhadap bantuan ternak sapi yang diberikan.

"Kami optimis, program inovasi SAPAAT bisa memberikan kontribusi dalam pengembangan usaha peternakan sehingga kesejahteraan masyarakat khususnya kelompok tani sektor peternakan di Kota Dumai dapat terus meningkat," pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis sembako beras dengan total 40 karung, yang diserahkan Wali Kota Dumai kepada peternak yang merupakan penerima manfaat.

Turut hadir Camat Bukit Kapur Agus Gunawan, S.Sos, Lurah Gurun Panjang, Maskot, AMK, serta jajaran di lingkungan DKPP Dumai.