Pelayanan Publik Pandeglang Masuk Zona Hijau

Pandeglang - Berdasarkan hasil penilaian kepatuhan pelayanam publik dari Ombudsman Kabupaten Pandeglang masuk Zona Hijau kategori B kualitas tinggi dengan nilai 83, 91.

Hal ini terungkap saat Kepala Ombusdman RI perwakilan Banten Fadli Afriadi menyerahkan hasil penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik Kabupaten Pandeglang kepada Bupati Irna Narulita di Pendopo Pandeglang, baru-baru ini.

Kepala Ombusdman RI perwakilan Banten Fadli Afriadi mengatakan, dalam penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik di Pandeglang menggunakan empat dimensi. Kata Fadli, yang pertama sumber daya manusia (SDM) dan sarana, pelayanan dan aduan, output program, dan wawancara dengan masyarakat.

"Dari hasil penilaian kami semua baik, bahkan hasil dari wawancara masyarakat tidak adanya mal administrasi dengan nilai cukup tinggi 4.58, artinya masyarakat tidak merasakan adanya mal administrasi," ungkapnya.

Dirinya juga menjelaskan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjadi sampel penilaian tahun ini banyak mengalami peningkatan dari tahun lalu. Sebelumnya, Pandeglang berada di Zona Kuning, dan saat ini masuk Zona Hijau.

"Untuk Puskesmas ada dua yang kami nilai, yaitu Puskesmas Pagadungan dengan nilai 81,61 dan Puskesmas Kaduhejo 85. Sedangkan DPMPTSP 87,92, Dinsos 85,85, Capil 83,89, Dindik 78,91," terangnya.

Untuk mendukung peningkatan ke Zona A, Ombusdman Provinsi Banten siap untuk memberikan pendampingan kepada Kabupaten Pandeglang.

"Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan, kami mempersilahkan kepada daerah untuk kordinasi guna pendampingan dan penyempurnaan kualitas pelayanan publik," pungkasnya.

Dengan penilaian yang diraih, Bupati Irna Narulita mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran yang telah memberikan pelayanan dengan baik.

"Kami akan terus pacu, untuk tindaklanjuti bagaimana untuk tahun depan bisa meningkat lagi pelayanannya," ujar Irna.

Irna berharap pihak Ombusdman perwakilan Banten bisa terus memberikan pendampingan kepada Kabupagen Pandeglang, guna peningkatan pelayanan publik. Menurutnya, kekurangan saat ini akan ditindaklanjuti, dan yang sudah baik akan terus ditingkatkan.