Pemkab Kubu Raya Gratiskan Layanan Kesehatan Dalam Program Sebaya

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, melalui Dinas Kesehatan memberikan pelayanan kesehatan gratis mulai dari rumah sakit, puskesmas hingga sampai ke jejaringnya (pustu, polindes, poskesdes dan poslansia). Pelayanan gratis sebagai upaya memberikan kemudahan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan melalui program sehat bahagiakan rakyat Kubu Raya (Sebaya).

Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Marijan mengatakan, program Sebaya ini sudah dilakukan sejak 2 Januari 2023. Untuk mendapatkan layanan gratis ini, warga cukup membawa KTP dan Kartu Keluarga bagi warga yang tidak terdaftar BPJS kesehatan.

"Program Sebaya ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu (menengah ke bawah) yang tidak terdaftar di BPJS Kesehatan. Dengan program Sebaya ini masyarakat tidak mampu dijamin kesehatannya oleh Pemkab Kubu Raya yang berobat di RSUD Kubu Raya, puskesmas dan jejaringnya," kata Marijan di Pontianak, Minggu (12/2) siang.

Marijan menuturkan, sampai saat ini hampir 78,64 persen masyarakat Kubu Raya sudah memiliki jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan dan 21,36 persen belum memiliki jaminan kesehatan.

"Nah, yang 21,36 persen inilah yang ditanggung dan dijamin kesehatannya oleh Pemkab Kubu Raya melalui program aebaya ini," ujarnya.

Ia menambahkan, program sebaya ini menanggung semua penyakit yang diderita masyarakat Kubu Raya selama rumah sakit dan puskesmas mampu menanganinya. Karena terdapat lebih dari 40 penyakit yang tidak seharusnya dirujuk dari puskesmas.

"Selama bisa dilayani di rumah sakit dan puskesmas, Insya Allah pelayanannya gratis. Jika harus dirujuk, ke rumah sakit lainnya, maka Pemkab Kubu Raya menyiapkan proposal tak terduga," ucap Marijan.

Marijan menjelaskan, sebelum pasien itu dirujuk, maka Dinas Kesehatan menginstrukan kepada seluruh pelayanan kesehatan untuk memperkuat preventif (pencegahan), upaya penyembuhan (kuratif) dan promosi kesehatan (promotif) sehingga pasien itu tidak harus dilarikan ke rumah sakit lanjutan.

"Program Sebaya ini juga untuk menunjang program lainnya yang ada di Kubu Raya dalam mendukung program prioritas nasional seperti, angka kematian ibu/bayi (AKI/AKB), stunting, gizi buruk, penyakit menular dan tidak menular," tandasnya.