Wali Kota Denpasar Awali Coklit Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2024

Denpasar - Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menjadi tokoh pertama yang mengawali kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pemutakhiran Data Pemilih. Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) mendatangi kediaman Wali Kota I Gusti Ngurah Jaya Negara di kawasan Banjar Saba, Kelurahan Penatih pada Minggu (12/2).

Usai mengikuti Coklit, Jaya Negara tampak meninjau pencoklitan di beberapa lokasi di kawasan Banjar Saba, Kelurahan Penatih.

Ketua KPU Kota Denpasar I Wayan Arsa Jaya mengatakan, Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) merupakan rangkaian pelaksanaan Pemilu 2024. Dimana, setelah dilaksanakan Pelantikan, Apel Kesiapan, dan Bimtek kepada 1.887 Pantarlih, secara langsung dilaksanakan coklit hari pertama dengan menyasar beberapa tokoh masyarakat.

"Pantarlih langsung bekerja, hari pertama dilaksanakan dengan menyasar tokoh, yaitu Walikota Denpasar, pelaksanaan coklit akan berlangsung hingga 14 Maret 2023 nanti," ujar Arsa Jaya.

Lebih lanjut dijelaskan, nantinya Pantarlih akan bekerja secara dor to dor. Hal ini dilaksanakan guna melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih. Sehingga mampu mendukung optimalisasi pemutakhiran data pemilih yang akan digunakan dalam Pemilu 2024 nanti.

"Nantinya masyarakat kami mohon permaklumannya untuk didatangi petugas Pantarlih, yang perlu disiapkan adalah identitas kependudukan baik Kartu Keluarga, KTP maupun identitas pendukung lainya," ujarnya

"Dan tentunya harapan kami dengan total 801.817 pemilih dalam data DP4, kami berharap rekan-rekan Pantarlih dapat bekerja dengan optimal untuk mewujudkan data pemilih yang valid, faktual, termutakhir sehingga mampu mendorong pemilih untuk menggunakan hak pilihnya," imbuhnya

Sebelumnya, Wali Kota Jaya Negara mengajak masyarakat Kota Denpasar agar mendukung tugas Pantarlih dalam mencoklit data pemilih. Hal ini lantaran coklit merupakan tahapan penting dalam proses Pemilu 2024 yang bertujuan untuk pemutakhiran data pemilih. Sehingga nantinya masyarakat dapat mengecek secara mandiri lokasi TPS tempat memilih.

"Dengan data yang mutakhir, valid dan faktual tentu akan mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024, hal ini utamanya dalam menekan angka golput dan proses pencarian TPS, mohon partisipasinya untuk bersama mensukseskan Program Coklit oleh Pantarlih menuju suksesnya penyelenggaran Pemilu 2024," tandasnya.

Turut mendampingi, Ketua KPU Kota Denpasar I Wayan Arsa Jaya, Camat Denpasar Timur I Made Tirana, PPS dan Panwascam Denpasar Timur, Lurah Penatih I Wayan Murda, serta Petugas Pantarlih Ni Wayan Utari Raspati Dewi.

Selain Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, coklit juga akan menyasar beberapa tokoh lainnya, salah satunya Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede.