Hadiri Apel Bulan K3 Nasional, Wali Kota Dumai Minta Budayakan K3

Dumai - Wali Kota Dumai Paisal menghadiri Apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional di PT Kawasan Industri Dumai (KID), Minggu (12/2).

Apel yang dipimpin langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar itu, mengusung tema nasional tahun 2023, yaitu, "Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja".

Wali Kota Dumai Paisal mengungkapkan bahwa K3 merupakan aspek vital yang harus dibudayakan agar dunia kerja bisa produktif dan aman sehingga dapat menjaga keselamatan dan kesehatan pekerja. Terlebih Dumai dikenal sebagai Kota Industri, momentum peringatan bulan K3 ini sangat tepat dan strategis untuk mendorong semua pihak agar berpartisipasi aktif membudayakan K3 di Indonesia.

Dirinya menginginkan semua pihak harus terbabit untuk bekerja sama agar budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja dan lingkungan masyarakat umum di seluruh tanah air khususnya di Kota Dumai.

"Kami mengimbau kepada setiap perusahaan, industri, dan semua instansi yang mempekerjakan para tenaga kerja untuk memberikan atensi kepada para pekerjanya, terutama dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat, nyaman, dan aman," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan bahwa K3 merupakan suatu hal yang wajib yang harus diikuiti oleh seluruh perusahaan yang ada di Indonesia tak terkecuali Provinsi Riau.

Untuk itu, Gubri berharap agar perihal K3 betul-betul dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan supaya kecelakaan kerja bisa dihindarkan.

"Untuk itu agar K3 bisa kita jaga dan laksanakan dengan baik sehingga tidak terjadi lagi kecelakaan kerja dimasa yang akan datang," harap Gubri.

Bahkan, Gubernur Syamsuar telah menugaskan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau supaya melakukan tugas dengan baik. Gubri juga menegaskan tidak ada satupun perusahaaan di Bumi Lancang Kuning yang tidak menerapkan K3.

"Kami berharap kiranya (perusahaan) dapat mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, karna ini merupakan hal utama dalam menyelamatkan tenaga kerja kita," imbuh Gubernur Syamsuar.

K3, sebut Gubernur Syamsuar, harus menjadi hal utama yang diterapkan oleh setiap perusahaan sehingga para pekerja bisa terlindungi dan aman dari bahaya yang akan terjadi saat bekerja.

Disisi lain, Wali Kota Dumai Paisal saat ditanyai Tim Peliput Kominfo.Dumai mengungkapkan bahwa K3 merupakan aspek vital yang harus dibudayakan agar dunia kerja bisa produktif dan aman sehingga dapat menjaga keselamatan dan kesehatan pekerja.

Terlebih Dumai dikenal sebagai Kota Industri, momentum peringatan bulan K3 ini sangat tepat dan strategis untuk mendorong semua pihak agar berpartisipasi aktif membudayakan K3 di Indonesia.

Dirinya menginginkan, semua pihak harus terbabit untuk bekerja sama agar budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja dan lingkungan masyarakat umum di seluruh tanah air khususnya di Kota Dumai.

"Kami mengimbau kepada setiap perusahaan, industri, dan semua instansi yang mempekerjakan para tenaga kerja untuk memberikan atensi kepada para pekerjanya, terutama dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat, nyaman, dan aman," pungkasnya.