Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi, Ini Arahan Wabup Tanah Datar

Batusangkar - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 secara virtual via Zoom Meeting bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, pejabat negara dan kepala daerah se-Indonesia, Senin (13/2).

Wabup Richi Aprian ditemui usai rakor mengatakan, ada beberapa langkah yang dilakukan guna mengatasi inflasi daerah, dan hal itu ada yang sudah dilakukan dan ada yang belum seperti yang sudah koordinasi dengan daerah penghasil komoditi, rapat teknis tim pengendalian inflasi daerah, melakukan pemantauan harga dan ketersediaan stok bahan pangan dan pencanangan gerakan menanam.

Beberapa hal yang perlu lagi dilakukan, ungkap wabup, seperti sidak ke pasar-pasar terkait distribusi agar tidak ada penahanan barang, operasi pasar, mendapatkan informasi daerah yang mengalami surplus komoditi, menjaga pasokan, memberikan bantuan transportasi dan merealisasikan BTT.

“Kita Tanah Datar sebagai daerah produsen, dari itu kita perlu melakukan langkah-langkah pendataan informasi daerah-daerah yang mengalami surplus komoditi karena ini juga menyangkut dengan subsidi transportasi,” ucapnya.

Wabup juga berharap terkait kegiatan menanam adanya keterlibatan OPD maupun institusi TNI dan juga Polri serta pemanfaatan pekarangan rumah dengan menanam berbagai sayuran, buah dan kolam ikan melalui kegiatan PPKK dengan kelompok-kelompok dasawismanya.

Pada kesempatan yang sama, Kabag Perekonomian Masni Yuletri sebagai liding sektor rakor tersebut menyampaikan untuk kegiatan operasi pasar sudah tersedia anggarannya dan untuk produsen tetap menjual sesuai harga pasar.

Menyinggung harga pasar yang tinggi, dikatakannya, hal ini diakibatkan rantai pemasaran yang cukup panjang, dengan adanya operasi pasar nanti produsen tidak dirugikan dan konsumen dapat membeli dengan harga yang sesuai.