Kunjungi Sigi, Kepala BPTP Sulteng Kenalkan Kalung Eucalyptus

Sigi - Bupati Sigi Mohamad Irwan menerima kunjungan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Sulawesi Tengah (BPTP) Fery Fahrudin Munier untuk mengenalkan produk kalung eucalyptus, inhaler dan roll on di ruang kerja Bupati Sigi, Rabu (15/7).

Kepala BPTP Sulawesi Tengah Fery Fahrudin menjelaskan, selain memperkenalkan produk tersebut, tujuan kunjungannya ke Pemkab Sigi juga menyerahkan sampel produk, berupa paket kalung eucalyptus 2 buah, roll on 1 buah dan inhaler 1 buah.

"Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Balai Besar Veteriner Balitbangtan Bogor telah memproduksi produk eucalyptus dengan khasiat diantaranya untuk gangguan saluran pernafasan karena mempunyai kemampuan sebagai pelega saluran pernafasan, pengencer dahak, pereda nyeri, pencegah mual, anti inflamasi dan efek menenangkan," ujarnya.

Diharapkannya produk eucalyptus juga dapat membantu pemerintah menanggulangi permasalahan wabah Corona.

Berdasarkan uji laboratorium, Balitbangtan mengumumkan senyawa aktif pada tanaman eucalyptus, yakni eucalyptol atau 1,8-cineol memiliki dampak positif dalam menghambat pertumbuhan berbagai jenis virus influenza termasuk virus beta corona yang mirip dengan virus COVID-19 yaitu SARS-CoV-2.

Sementara itu, Bupati Mohamad Irwan berharap, jika memang benar sudah teruji tanaman eucalyptus bisa melawan COVID-19, ini tentunya bakal menjadi salah satu solusi menekan dan menghentikan pandemi virus corona.