Pemkab Bogor Segera Revitalisasi Gedung Kesenian Jadi Pusat Ekonomi Warga

Cibinong - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, segera merevitalisasi gedung kesenian di Jalan Tegar Beriman, Cibinong, menjadi sebuah pusat perekonomian masyarakat berupa sentra kuliner dan kantong parkir.



Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan di Cibinong, Minggu (19/2), menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor telah menyiapkan anggaran sekitar Rp1 miliar melalui APBD Tahun 2023 untuk merevitalisasi gedung itu.



“Dengan adanya kantong parkir akan lebih tertata. Kalau tidak salah ada anggarannya sekitar Rp1 miliar,” kata Iwan.



Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Bogor juga perlu menggandeng pihak swasta untuk mewujudkan pusat perekonomian masyarakat di kawasan perkantoran pemerintah daerah itu.



“Ya di tenant-tenantnya itu kita bisa bekerja sama dengan pihak ketiga, siapa tau ada yang melirik di situ parkir bagus juga. Kalau hanya mengandalkan APBD tidak cukup. Makanya kami akan menggandeng pihak ketiga, itu lebih efektif ya,” tuturnya.



Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra menerangkan bahwa tempat kuliner dan kantong parkir tersebut akan terintegrasi dengan Taman Cibinong Situ Plaza yang ada di seberangnya.



"Situ Plaza sudah dapat dikunjungi namun terhalang dengan tidak adanya lahan untuk parkir para pengunjung. Apalagi kawasan ini juga sekarang sudah ada arena bermainnya. Sehingga kita harus segera menyiapkan saranan dan prasarananya seperti kantong parkir,” terangnya.



Ia menilai gedung kesenian menjadi lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai kantong parkir. Terlebih saat ini di area gedung tersebut tak lagi digunakan oleh Polres Bogor sebagai tempat parkir kendaraan.



“Sekarang (Polres) sudah selesai masa pinjamnya, kenapa kita nggak benahi itu. Nanti kita bangun itu ada galerinya dan tempat parkir,” jelas Suryanto. (Ant)