Plt Bupati Bogor: Bawaslu Jadi Garda Terdepan Sukseskan Pemilu

Cibinong - Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menegaskan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor merupakan garda terdepan untuk menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Presiden Tahun 2024.

Hal itu diungkapkan Iwan Setiawan saat meresmikan atau tasyakuran gedung baru Bawaslu Kabupaten Bogor, di Cibinong, Rabu (15/2).

“Bawaslu ini harus kita jaga, karena wasitnya Pilpres, Pilkada dan Pemilu yang dipercaya berdasarkan undang undang ngadunya ke Bawaslu. Jadi gak bisa mau bukti-bukti pemantau Pemilu independen, legitimasinya gak bisa menjadi dasar, yang menjadi acuan dasar diterima oleh pemerintah yaitu bawaslu,” tegas Plt Bupati Bogor Iwan.

Iwan juga mengingatkan pentingnya menjaga sinergitas antara Bawaslu Kabupaten Bogor dengan Pemerintah Kabupaten Bogor, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Bogor dan peserta pemilu.

“Saya minta semua bersinergi dengan Bawaslu, karena wujud kedewasaan demokrasi ini adalah sinergi,” ujarnya.

Ia juga menyatakan apresiasi atas terbangunnya Gedung Bawaslu dengan tepat waktu. Dirinya juga mengaku akan melengkapi beberapa sarana prasarana seperti meubeler hingga sumber daya manusia (SDM).

“Insya Allah kekurangan seperti SDM dan lainnya akan kita lengkapi, akan kita kaji dulu," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor Irvan Firmansyah mengatakan, gedung baru Bawaslu ini sangat sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang kerja. Bahkan, katanya, keberadaan ruang aula yang besar dan megah juga bisa gunakan untuk ruang penyelesaian sengketa proses dan pelanggaran administrasi Pemilu 2024.

"Kami sangat bersyukur atas apa yang sudah kami terima dari Pemerintah Kabupaten Bogor. Semuanya ini sudah selesai dan awal tahun 2023 kami mulai berkantor di gedung baru ini. Pada kesempatan ini juga saya atas nama Bawaslu Kabupaten Bogor menyampaikan banyak terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Bogor. Kemudian DPRD kabupaten Bogor yang senantiasa mensupport dan mendukung. Kepentingan kepentingan kami dalam melaksanakan tugas pengawasan di Kabupaten bogor," ujar Firman.

Menurutnya, Kabupaten Bogor memiliki letak geografis yang sangat luas dari ujung barat ke ujung timur, juga berbatasan dengan Jakarta atau ibu kota negara dan jumlah pemilihnya terbesar tingkat Kabupaten Kota se-Indonesia.

"Tentu dengan perhatian yang yang luar biasa dari Pemkab Bogor kepada kami Bawaslu Kabupaten Bogor, tentu harapannya kami Bawaslu Kabupaten Bogor dapat memaksimalkan peran dan tugas kami. Dengan fasilitas yang ada, kami akan memaksimalkan kerja-kerja pengawasan di Kabupaten Bogor," kata ketua Bawaslu Kabupaten Bogor.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengungkapkan, sangat apresiasi kepada Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan juga jajaran Pemkab Bogor yang telah memberikan fasilitas yang sangat nyaman untuk rekan-rekan Bawaslu Kabupaten Bogor, baik untuk bekerja melakukan pengawasan maupun berdiskusi.

"Adanya perhatian dan fasilitas ini tentunya harus diimbangi dengan pelaksanaan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.