Plt Bupati Bogor Ingatkan Perencanaan 2024 Harus Sesuaikan SDGs

Babakan Madang - Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengingatkan jajarannya untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 harus menyesuaikan dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

Hal ini disampaikannya usai membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) untuk perencanaan tahun 2024, di Lorin Hotel, Babakan Madang, Rabu (15/2).

"Saya mengingatkan kita harus bekerja dengan baik dalam menyusun perencanaan tahun 2024, yang seharusnya bisa menyesuaikan dengan SDGs. Dan SIPD ini dibuat untuk menyesuaikan arah kebijakan dari pusat,” tandas Iwan.

Iwan menambahkan RKPD 2024 pastinya sesuai dengan Rencana Pembangunan Daerah 2024-2026 yang sudah disepakati kemarin. Jadi penyusunannya harus berpedoman pada RPD, diantaranya kami masih mempertahankan program Samisade.

Untuk diketahui, pada perencanaan tahun ini terdapat perubahan domain dalam penggunaan SIPD, dimana pada tahun sebelumnya menggunakan sipd.kemendagri.go.id maka mulai tahun 2024 sesuai SE MENDAGRI No.600.5.4/48/SJ menggunakan aplikasi sipd-ri.kemendagri.go.id. SIPD ini berbasis microservices yang membagi aplikasi menjadi layanan yang lebih kecil namun tetap saling berkaitan, di breakdown lebih rinci lagi dari sisi fungsionalitasnya.

Iwan juga meminta perencanaan harus dilakukan dengan memberikan kemudahan informasi bagi masyarakat melalui rangkaian proses perencanaan elektronik yang efektif, efisien, akuntabel dan saling terhubung.

“Pengembangan SIPD ini tentunya mengarah kepada yang lebih baik, mudah dibaca, mudah diterjemahkan dan dipahami oleh masyarakat, karena SIPD sifatnya sudah terbuka, masyarakat bisa dengan mudah mengakses,” ujar Iwan Setiawan.

Soal SDM ASN bidang perencanaan, Plt Bupati Bogor berpesan harus terus kita tingkatkan kapasitasnya, salah satunya melalui bimtek dan lain sebagainya. Dan saya minta SDM yang sudah ditingkatkan kapasitasnya tidak mudah diganti dan tidak diputar-putar.

“Untuk bidang perencanaan harus orang yang sudah matang, cerdas, dan berintegritas kalaupun harus pindah harus ada regenerasi. Yang mengoperasikan SIPD harus yang melek teknologi, bimtek ini harus betul-betul bermanfaat dan menghasilkan output dan outcome yang sesuai harapan,” ungkap Plt Bupati Iwan Setiawan.

Plt bupati Bogor didampingi Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, kegiatan bimtek diikuti jajaran aparatur pada Subag Program dan Pelaporan beserta operator SIPD di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari hingga Jumat (17/2).