Pemkab Banjar Ikuti Sosialisasi Pembangunan 'Smart City' Metode KPBU oleh Kominfo

Martapura - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Sosialisasi Pembangunan Smart City Metode Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Sosialisasi secara daring ini diikuti 191 pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia. Adapun dari Kabupaten Banjar diwakili Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) M. Aidil Basith didampingi Kabid Penyelenggaraan E-Government Cornelius Kristiyanto dan Ninik Widayati selaku Kasi Tata Kelola dan Ekosistem E-Government, di Command Center Manis Martapura, Jumat (17/2) pagi.

Ketua Tim Pembinaan Otonomi Bidang SPBE dan Kota Cerdas, Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintah (LAIP) Dwi Alfrida saat membuka kegiatan mengatakan, sosialisasi ini sebagai langkah awal dalam mengupayakan kota cerdas (smart city).

“Kami melakukan effort untuk membantu kabupaten/kota yang terpilih pada gerakan menuju smart city, dalam mengupayakan usaha-usaha mencetak pembangunan smart city di kabupaten/kota dengan metode KPBU,” ucap Dwi.

Ditambahkan Dwi, pihaknya akan memfasilitasi pertemuan antara pemerintah daerah dengan beberapa calon investor dengan beberapa negara.

Sosialisasi menghadirkan narasumber Andianto Haryoko dari Direktorat Ketenagalistrikan, Telekomunikasi dan Informatika Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas mengenai KPBU dalam penyediaan Infrastruktur, Telekomunikasi dan Informatika, serta Novi Andriani dari Direktorat Pengembangan Pendanaan Pembangunan Bappenas.