Pemkab Bogor Siap Tingkatkan Sarana Prasaran Layanan Haji

Cibinong - Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menyatakan akan terus meningkatkan sarana prasarana layanan haji guna mewujudkan pelayanan haji dan umroh terpadu di Kabupaten Bogor, serta mendorong terwujudnya Karsa Bogor Berkeadaban.

Hal itu diungkapkan Iwan Setiawan dalam kegiatan Silaturahmi Akbar dengan para calon jemaah haji yang mengusung tema "Literasi Haji dalam Pembinaan membangun Bogor Berkeadaban" dilaksanakan di Gedung Tegar beriman, Sabtu (18/2).

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menyampaikan bahwa jemaah haji Kabupaten Bogor merupakan jamaah haji yang terbesar di Indonesia, dan tentunya harus bangga menjadi jemaah haji dari Kabupaten Bogor. Untuk itu dirinya akan terus meningkatkan sarana prasarana fasilitas layanan haji di Kabupaten Bogor.

"Baik itu fasilitas proses manasik haji, proses pemberangkatan dan kepulangan, Pemda Bogor juga memfasilitasinya", ujar Iwan Setiawan.

Dalam kesempatan ini, Iwan Setiawan juga mengucapkan terima kasih kepada Forum Komunikasi Bimbingan Ibadah Haji Umroh (KBIHU) Kabupaten Bogor, yang sudah mencerdaskan dan membimbing warga Kabupaten Bogor yang akan melaksanakan ibadah haji dan umroh.

"Kalau bukan KBIHU siapa yang mau memberikan bimbingan, memberikan pengalaman, bukan hanya pengetahuan haji. Tapi pengalaman perjalanan itu yang penting untuk bapak ibu sekalian," tutur Plt Bupati Bogor.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor Syukri Fanani mengatakan bahwa dirinya berkomitmen selalu sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor, terlebih Pemkab Bogor senantiasa memberikan atau menyiapkan fasilitas untuk layanan haji di Kabupaten Bogor.

"Kita memiliki tujuan pelayanan yang sama yaitu masyarakat Kabupaten Bogor sehingga kantor Kementerian Agama siap berkomitmen dengan Pemerintah Kabupaten Bogor di bidang agama," terang Syukri.

Sementara itu, Ketua FK KBIHU Kabupaten Bogor Desi Hasbiyah, menerangkan bahwa jamaah haji Kabupaten Bogor saat ini tercatat ada sekitar 3.421 orang yang akan berangkat pada tahun ini.

"Artinya jumlah jemaah haji se-Indonesia itu terbanyak dari masyarakat Kabupaten Bogor, luar biasa. Ini hitungan yang paling banyak se-Indonesia dengan total terbesar di Indonesia dan jumlah pendaftaran terbesar di Indonesia," terang Desi Hasbiyah

Ia juga sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor yang berencana memberikan lahan seluas 2 hektar untuk pelayanan dan pembinaan haji umroh bagi jemaah haji Kabupaten Bogor.

"Terima kasih kami sampaikan pada Pak Plt Bupati yang tanahnya sudah kita survei daerah Bojong Koneng. Alhamdulillah bapak/ibu sekalian, mudah-mudahan bisa terwujud pelayanan haji dan umroh terpadu yang ada di Kabupaten Bogor," harapnya.