TP PKK Kabupaten Bogor Gandeng Perangkat Daerah Sukseskan Sembilan Program

Cibinong - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bogor mengandeng perangkat daerah untuk turut aktif merealisasikan sembilan program PKK Kabupaten Bogor. Berdasarkan Permendagri Nomor 36 Tahun 2020, sembilan program PKK tersebut harus goals pada tahun 2024 yakni terwujudnya Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana.

Hal itu diungkapkan Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor Halimatussadiyah Iwan pada kegiatan Rakor dan Sosialisasi Sembilan Program Unggulan PKK Kabupaten Bogor, di Aula TP-PKK Kabupaten Bogor, Senin (20/2).

Untuk diketahui bahwa sembilan program unggulan PKK Kabupaten Bogor yang terdiri dari Peduli Stunting, PHBS, Peduli Kematian Ibu dan Anak (KIA), Siaga Kebakaran Lingkungan, Tanggap dan Tangguh Bencana, Peduli Lingkungan, Mewujudkan Keluarga Sehat Berkualitas, Mewujudkan Keluarga Keuangan Sehat, dan Mewujudkan Keluarga Sehat Pasangan Usia Subur.

Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor Halimatussadiyah Iwan mengatakan, untuk menyukseskan implementasi sembilan program unggulan PKK Kabupaten Bogor harus dilakukan secara sinergi dan kolaborasi dengan melibatkan seluruh dinas di lingkungan Pemkab Bogor agar program Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana Tahun 2023 dapat terwujud dengan optimal.

Menurutnya, sejumlah dinas yang dilibatkan diantaranya Dinas Kesehatan, DP3AP2KB, DLH, Dinas Pertanian, Dinsos, Damkar, BPBD, dan juga DPMPD, untuk sama-sama mendorong terimplementasikannya sembilan program unggulan PKK Kabupaten Bogor sesuai yang telah dipetakan.

"Melalui kegiatan ini, kami berupaya berkoordinasi dan mensinergikan antara program yang ada di dinas dengan program kami di TP-PKK Kabupaten Bogor,” ujar Halimatussadiyah Iwan.

Lanjut Halimatussadiyah Iwan menerangkan, sinergi antara TP-PKK Kabupaten Bogor dengan perangkat daerah sudah terjalin dengan baik. Melalui kegiatan ini pihaknya juga mengajak PD untuk sama-sama optimal melakukan pengendalian stunting karena stunting merupakan bagian dari Sembilan Program Unggulan TP-PKK Kabupaten Bogor juga TP-PKK Pusat.

Turut hadir yakni DP3AP2KB, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Distanhorbun, Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD, Dinas Kesehatan, DPMD.