Rencana Pembangunan Nasional, Daerah hingga Desa Harus Terintegarasi SDGs

Cibinong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama pemerintah pusat dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) komitmen untuk mengintegrasikan SDGs dalam rencana pembangunan nasional, daerah hingga desa.

Hal itu dibahas langsung bersama Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor melalui siaran Radio Tegar Beriman 95,3 FM, Selasa (21/2).

Sebagaimana diketahui bahwa pembangunan berkelanjutan atau biasa disebut SDGs (Sustainable Development Goals) adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat.

Pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup, serta pembangunan yang menjamin keadilan dan tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya. Bahkan tujuan SDGs tersebut merupakan komitmen secara global dan nasional.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan meminta kepada seluruh jajarannya untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2024 dan harus menyesuaikan dengan SDGs serta membangun masa depan Kabupaten Bogor dengan Pancakarsa. Hal itu dikatakannya saat membuka Acara Bimbingan Teknis Sistem Informasi Pemerintah Daerah.

"Hari ini Kabupaten Bogor sudah harus menyusun kerangka terpadu terintegrasi SDGs untuk melihat hal-hal prioritas dalam pelaksanaan perencanaan pembangunan di Bumi Tegar Beriman" Kata Iwan Setiawan.

Sedangkan, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor Suryanto Putra menyatakan bahwa SDGs harus dicapai oleh seluruh stakeholder secara menyeluruh di Kabupaten Bogor. Bahkan ia telah mengintegrasikan program SGDs sampai tingkat desa.

"Mari kita sama-sama wujudkan apa yang menjadi tujuan utama dari SDGs ini. Terlebih kami yang bertugas mengawal implementasi program-program SKPD, sudah sesuai apa belum dengan SDGs. Tiap tahun kita evaluasi, apa yang sudah terlaksana dan yang belum terlaksana. Hasil evaluasi ini kami jadikan rujukan agar target dan tujuan SDGs tahun 2030 bisa tercapai," kata Suryanto melalui siaran langsung di Radio 95,3 FM.

Secara virtual, Manajer Pilar Pembangunan Ekonomi, Sekretariat SDGs, Kementerian PPN/Bappenas, Setyo Budiantoro mengatakan bahwa pihaknya juga terus berupaya mengintegrasikan SDGs dalam rencana pembangunan nasional.

Karena menurutnya SDGs ini bukan hanya jadi fokus pemerintah pusat dan daerah saja. Melainkan fokus dilakukan non pemerintah, seperti  sektor Bisnis, Perguruan Tinggi, NGO dan Filantropi.

"SDGs ini spiritnya gotong royong untuk bisa mencapai tujuan. Dengan cara meningkatkan kerjasama dengan antar pihak agar SDGs ini akan bisa dicapai dengan baik," tuturnya.

Dirinya juga melihat banyak progres yang baik di Kabupaten Bogor. Seperti soal stunting, air bersih, sanitasi, perumahan, dan pelayanan publik juga meningkat.