Pemkab Touna Gelar Rakor Lintas Sektoral dan Diseminasi Informasi

Tojo Una-Una - Bupati Tojo Una-Una yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Moh. Syarif Lasawedi membuka Rapat Koordinasi Lintas Sektor dan Desiminasi Informasi dengan tema "Peran BPOM Sebagai Garda Terdepan Pelindung Masyarakat dari Obat dan Makanan Berbahaya", di aula Hotel Ananda, Ampana Kota, Kamis (23/2).

Kegiatan rakor ini dilaksanakan atas kerja sama antara Pemkab Touna dengan Kantor Badan POM di Kabupaten Banggai. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan Penandatanganan Kerjasama antara BPOM Kabupaten Banggai dan Dinkes-KB Kabupaten Touna yang dihadiri Kepala Kantor Badan POM banggai Darman mewakili Kapolres Touna, Kasat Narkoba Polres Touna Iptu I Gede Krisna Arsana, Pabung Touna, Mayor Inf Azrar Zees, Kepala BNNK Touna AKBP Djohansah Rahman, Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Touna Jafanet Alfari, para  peserta dan tamu undangan lainnya.

   

Syarif Lasawedi, saat membacakan sambutan tertulis bupati menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Touna mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi kepada BPOM Kabupaten Banggai yang telah berupaya maksimal dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

"Obat dan makanan merupakan kebutuhan manusia. di sisi lain, masalah dapat muncul terkait keamanan makanan dan obat. Masalah itu dapat muncul terjadi apabila obat dan makanan dikonsumsi tercemar bahan atau benda berbahaya baik berupa cemaran biologis, kimia maupun fisik," ujarnya.

Ia menerangkan, Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 mengamanatkan bahwa upaya menjaga keamanan pangan diselenggarakan untuk menjaga kemanan pangan tetap aman, higienis, bermutu, bergizi dan tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat serta dimaksud untuk mencegah kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan serta membahayakan kesehatan manusia.

“Untuk itu, pemerintah selaku pelaksana kebijakan dan pelayanan masyarakat sangat dibutuhkan utamanya dalam hal pemberian informasi tentang keamanan obat dan makanan perlu diberikan secara intens khususnya yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala BPOM Kabupaten Banggai Darman, dalam sambutannya menyampaikan atas nama Badan Pengawas Obat dan Makanan Kabupaten Banggai mengucapkan apresiasi tingkat tinggi terhadap Pemerintah Kabupaten Touna yang telah membantu jalannya dan lancarnya kegiatan.

“Kami BPOM Kabupaten Banggai terus melakukan sinergitas dengan pemangku untuk terus bersama menjaga obat dan makanan aman dan dapat dikonsumsi oleh masyarakat,” ucapnya.