Plt Bupati Bogor Ingatkan Calon Paskibraka Soal Nilai Pancasila

Cibinong - Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan berpesan kepada para calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Bogor untuk menjadi contoh nyata pengaktualisasian nilai-nilai Pancasila.

Seleksi calon Paskibraka Kabupaten Bogor tahun 2023 akan dimulai pada 24 Februari - 10 Maret. Perekrutan dilakukan di seluruh SMA sederajat di Kabupaten Bogor.

Plt Bupati Iwan Setiawan menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) terus gencar melakukan sosialisasi pentingnya penguatan ideologi Pancasila agar ditanamkan sejak dini kepada kaum milenial sebagai landasan berbangsa dan bernegara.

“Hal ini perlu dilakukan agar generasi muda mengerti dan paham arti, tujuan dan nilai-nilai Pancasila untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, terlebih Indonesia merupakan negara majemuk yang memiliki suku, ras dan agama yang beragam,” jelas Iwan.

Iwan berpesan kepada putra dan putri terbaik Kabupaten Bogor yang akan mengikuti seleksi Paskibraka tahun 2023, untuk mempersiapkan diri dengan baik. Mengingat pemilihan para calon Paskibraka akan melalui seleksi ketat hingga terpilih yang terbaik dari yang terbaik.

“Hendaknya mereka yang telah terpilih nanti dapat terus berperan aktif menjadi contoh nyata pengaktualisasian nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam era media sosial dan digital saat ini,” tegas Iwan.

Sementara itu, Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Bakesbangpol Kabupaten Bogor, Ferdinando Selmi, pada program dialog Bicara dari Bogor, di Radio Tegar Beriman, Diskominfo Kabupaten Bogor mengatakan, mulai tahun 2023 kewenangan pembentukan Paskibra diambil alih oleh Bakesbangpol.

“Hal ini berdasarkan Perpres nomor 51 tahun 2022, tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Permendagri Nomor 84 Tahun 2022, Dengan adanya Perpres 51 Tahun 2022, maka Paskibraka Kabupaten Bogor sepenuhnya menjadi wewenang Bakesbangpol,” kata Ferdinando.

Lebih lanjut ia menuturkan, pendaftaran Paskibraka 2023 dilakukan secara online melalui situs paskibraka.bpip.go.id kemudian klik DAFTAR. Isi data diri sesuai dengan KTP/KIA/KK dan masukkan kata sandi untuk pembuatan akun, jika pendaftaran akun berhasil, kembali masukkan NIK dan password yang sudah dibuat sebelumnya. Tahapan seleksi Paskibraka 2023 akan dimulai dari seleksi administrasi dan kesehatan, seleksi parade untuk menilik penampilan Capas secara fisik, seleksi Pancasila dan wawasan kebangsaan, seleksi Intelegensia Umum, seleksi peraturan baris berbaris dan kesamaptaan serta seleksi kepribadian termasuk di dalamnya rekam jejak di media sosial.

“Kami berharap akan mendapatkan Paskibraka dengan latar belakang yang bagus, cerdas, terampil dan berkepribadian baik. Setelah lulus seleksi kemudian menjadi anggota Paskibraka juga menjadi Duta Pancasila yang merupakan agen perubahan penguatan ideologi Pancasila di masyarakat, khususnya bagi generasi muda di Kabupaten Bogor," tandas Ferdinando Selmi.