Ketua DPRD Kubu Raya Tekankan Pentingnya Satu Data

Kubu Raya - Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah mengatakan, kegiatan penyebarluasan informasi geospasial sangat penting dan dibutuhkan oleh pemerintah daerah dan akan membantu kerja legislatif.

“Sistem informasi data berbasis geospasial yang sudah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya baru dimulai, dan kita sudah merasakan manfaatnya,” kata Agus saat menghadiri Diseminasi Perencanaan dan Penyusunan Daftar Data SDI Tahun 2023 di Gardenia Resort and Spa, Kamis (23/2) pagi.

Sebelum sistem tersebut diterapkan, lanjut Agus, pada rapat-rapat di DPRD baik bersifat evaluasi maupun rapat yang terkait dengan persetujuan rencana kerja SKPD, sering terdapat sajian data yang tidak sinkron. Hal itu terkadang membuat sebuah kebijakan yang ditetapkan tidak tepat sasaran dan memakan waktu yang panjang.

Dengan adanya satu data, dirinya berharap hal-hal seperti itu bisa dihindari.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali,” katanya.

Dengan satu data, Agus juga berharap ada sinergi lintas sektoral sehingga data parsial yang dihadirkan sudah cukup membantu dan Satu Data Indonesia bisa terwujud.

“Kita berharap efektivitas dan efisiensi dapat dicapai. Sehingga dalam mengambil kebijakan dan keputusan sebuah perencanaan bisa tepat sasaran. Pemerintahan yang kuat akan terwujud sebagaimana harapan kita semua,” ujarnya.

Agus menambahkan DPRD Kabupaten Kubu Raya sangat mendukung program satu data. Dukungan itu diwujudkan dalam bentuk persetujuan penganggaran terkait semua kegiatan, baik itu geospasial maupun SDI.

“Ini tentu untuk mempercepat proses dan memperkuat daerah Kubu Raya itu sendiri supaya lebih cepat majunya. Dengan penghargaan Bhumandala kemarin, saya melihat yang lain juga menyusul karena ternyata kekuatan data yang dimiliki lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat,” tandasnya.

Komentar