Sekdakab Bogor Minta Jadikan Forum Perangkat Daerah Sarana Matangkan Perencanaan 2024

Babakan Madang - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin meminta kepada seluruh kepala perangkat daerah untuk lebih matang dalam melakukan perencanaan, efektif, efisien berdasarkan skala prioritas, serta mengacu pada kebijakan nasional dan Provinsi Jawa Barat tahun 2024.

Hal itu ditegaskan Burhanudin saat membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah BPBD Kabupaten Bogor, di Hotel Lorin Sentul, Senin (27/2).

“Saya minta perencanaan agar matang, efektif, efisien berdasarkan prioritas, serta mengacu pada kebijakan nasional dan Jawa Barat tahun 2024. Hal ini penting agar sinergi pembangunan daerah tetap terjaga,” ujar sekda.

Lanjut sekda Kabupaten Bogor menerangkan bahwa, Forum Perangkat Daerah merupakan ajang bagi Perangkat Daerah untuk menginformasikan rencana program kegiatan tahun 2024 kepada pemangku kepentingan. Sekaligus menyelaraskan program kegiatan perangkat daerah dengan usulan prioritas hasil musrenbang tingkat kecamatan, musrenbang perangkat daerah dan pokok-pokok pikiran DPRD serta mempertajam indikator kinerja dan target program kerja perangkat daerah.

“Tahun 2024 merupakan awal perencanaan jangka menengah pasca berakhirnya RPJMD Kabupaten Bogor tahun 2018-2023. Untuk itu, diharapkan perangkat daerah dapat menginventarisir kembali program kegiatan yang belum terlaksana atau belum mencapai target untuk dilanjutkan pada tahun 2024. Hal ini penting untuk menjaga konsistensi dan keberlanjutan pembangunan,” tuturnya.

Burhanudin juga meminta untuk memahami dengan benar kewenangan masing-masing perangkat daerah guna menjamin terlaksananya seluruh aspek yang diamanatkan dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Terlebih, katanya, tahun 2024 adalah tahun pelaksanaan Pemilu serentak. Untuk itu seluruh perangkat daerah yang terkait agar mengakomodir keperluan pelaksanaan Pilkada sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. Pedomani seluruh aturan yang telah ditetapkan, ikuti tahapan dan alur perjalanan dengan baik.

 “Saya harap Forum Perangkat Daerah ini dapat menghasilkan usulan program kerja tahun 2024 yang tepat, melalui tepat tujuan dan sasaran demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Bogor,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Plt Kalak BPBD Asep Sulaeman menambahkan, Forum Perangkat Daerah kali ini dilakukan untuk menyusun rencana kerja tahun 2024, melaksanakan program dan kegiatan perangkat daerah dan program hasil musrenbang RKPD Kecamatan.

Kemudian mempertajam indikator serta target kerja program dan kegiatan daerah sesuai tugas dan fungsi perangkat daerah serta optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.