Pj Sekda Muara Enim Buka Forum Perangkat Daerah 2023

Muara Enim - Bupati Muara Enim diwakili Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Riswandar membuka Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Muara Enim Tahun 2023 dalam rangka Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Kantor Bappeda, Selasa (28/2).

Dalam arahannya di hadapan seluruh peserta yang terdiri dari para kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Muara Enim, para camat, dan kepala bagian lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Muara Enim, Pj Sekda Riswandar meminta agar dalam penyusunan program dan kegiatan setiap Perangkat Daerah harus memperhatikan target kinerja yang telah disusun dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Muara Enim 2024-2026.

Kemudian, jelasnya, dalam penyusunan perencanaan pembangunan agar dilakukan dengan pendekatan THIS (Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial) dengan memperhatikan seluruh dimensi yang ada juga dalam rangka penurunan angka kemiskinan, pencegahan stunting, dan penguatan ekonomi masyarakat.

"Diharapkan semua perangkat daerah terkait dapat menyusun program yang tepat sasaran dan memperhatikan karakteristik dan potensi wilayah," ujarnya.

Untuk itu, Pj Sekda Riswandar didampingi Asisten III Bidang Administrasi Umum Maryana menekankan kepada seluruh kepala Perangkat Daerah dan jajarannya untuk dapat mengikuti dan membahas rencana kerja yang disusun sesuai tema dan prioritas pembangunan yang sudah ditetapkan, sehingga hasil rumusan rencana program, kegiAtan dan sub kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 nanti benar-benar dapat menampung aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Disamping penyusunan alokasi anggaran dalam program prioritas tahun 2024 dilakukan secara proporsional, berdasarkan prioritas pembangunan yang telah disepakati sesuai ketersedian anggaran serta dapat mencapai terget yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Muara Enim Mat Kasrun menyampaikan bahwa Forum Perangkat Daerah Kabupaten Muara Enim Tahun 2023 ini merupakan rangkaian proses perencanan pembangunan daerah dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Muara Enim tahun 2024 yang telah dimulai dari Musrenbang tingkat Desa (Desember 2022 - Januari 2023), Kecamatan (30 Januari 2023 - 09 Februari 2023), dan Forum Konsultasi Publik (27 Januari 2023) yang nantinya akan ditetapkan program pembangunan tahun 2024 pada Musrenbang RKPD di tingkat Kabupaten.