Program Khidmat Kebersihan Tuai Sukses, Dumai Raih Anugerah Adipura

Dumai - ‎Sejak berdirinya kota Dumai, pada 20 April 1999 lalu, berbagai sejarah telah diraih oleh para pemimpin Kota Dumai, namun untuk penghargaan tertinggi di bidang kebersihan lingkungan perkotaan, baru bisa diukir di masa kepemimpinan Wali Kota Dumai Paisal.

Khidmat Kebersihan yang merupakan salah satu program unggulan di dalam Dumai Berkhidmat yang telah dicanangkan Wali Kota Paisal dalam rangka mengatasi permasalahan sampah dan kebersihan lingkungan serta keindahan di Dumai berhasil mengantarkan daerah di Provinsi Riau tersebut meraih Anugerah Adipura.

Anugerah Adipura diterima langsung oleh Wali Kota Dumai Paisal yang diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (28/2).

Wali Kota Dumai Paisal, dalam sambutannya, mengaku sangat bersyukur karena berkat kerja keras ‎stakeholder terkait dan seluruh lapisan elemen masyarakat dalam mewujudkan Dumai Kota Idaman yang bersih dan asri melalui Khidmat Kebersihan, kini berbuah hasil.

"Khidmat Kebersihan berbuah manis, dan alhamdulillah Kota Dumai yang kita cintai berhasil meraih penghargaan Adipura perdana, sejak Dumai, berdiri," ungkapnya.

Paisal juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk dinas terkait, yang selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Lebih lanjut dijelaskannya, sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam mengangai masalah persampahan di Dumai, pihaknya telah menyusun dan membuat dasar hukum, seperti penyusunan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2021, tentang pengelolaan sampah, Peraturan Wali kota Nomor 13 Tahun 2022.

Tambahnya, ada Peraturan Wali Kota Dumai Nomor 02 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah.

Dirinya berharap dengan prestasi yang diraih ini, semakin memotivasi Pemkot Dumai dalam hal ini DLH dan stakeholder dalam mengentaskan persoalan sampah.

"Raihan Adipura ini bukan tugas yang mudah, terlebih mempertahankannya. Semoga dengan perolehan penghargaan ini semakin meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan," pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Kepala DLH Kota Dumai, Dameria.