BNPB Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Kabupaten Banjar

Martapura - Anggota Komisi VIII DPR RI Syaifullah Tamliha dan Direktur Dukungan Infrastruktur Darurat (DID) BNPB Zainal Arifin melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banjar, yang diterima oleh Bupati Saidi Mansyur, di Mahligai Sultan Adam Lantai I Martapura, Senin (27/2) sore.

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka penyerahan bantuan dana untuk korban banjir yang diterima simbolis oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur.

Dua paket bantuan yang diserahkan, yakni bantuan dana siap pakai Rp250 juta untuk penanganan darurat bencana banjir. Bantuan paket logistik Rp100 juta untuk penanganan darurat bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor.

Bupati Banjar Saidi Mansyur mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan bagi masyarakatnya yang terdampak banjir.

Sementara itu, Syaifullah Tamliha mengatakan, bantuan melalui BNPB tersebut untuk masyarakat Kabupaten Banjar yang selalu terkena dampak dari banjir, terlebih hari ini statusnya sudah ditetapkan tanggap darurat bencana.

“BNPB kita dorong untuk memberikan bantuan untuk masyarakat yang terdampak,” ucapnya.

Ia menambahkan, pembenahan Waduk Riam Kiwa juga akan dilakukan guna mengurangi dampak dari banjir.

“Insya Allah tender antara Maret dan April ini, paling tidak bisa mengurangi 70 persen air yang menggenangi jalan dan rumah, air akan turun ke sungai,” ucapnya.

Sementara terkait masih panjangnya rentang waktu intensitas hujan yang diprediksi oleh BMKG hingga Mei mendatang, Direktur DID BNPB Zainal Arifin menyebut status daruratnya bisa diperpanjang dan pihaknya akan memberikan bantuan-bantuan lainnya jika memang diperlukan.