Peringatan HKG PKK ke-51, Bupati Sanggau Tekankan Penurunan Stunting

Sanggau – Bupati Sanggau Paolus Hadi didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sanggau menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 di Aula Hotel Grand Narita Sanggau, Kecamatan Kapuas, Selasa (7/3).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan betapa pentingnya peran PKK.

“Banyak hal yang disampaikan Ketua Umum TP PKK Pusat berkaitan dengan TP PKK mempunyai peran penting untuk mendukung pemerintah di dalam pemberdayaan masyarakat. Nah, hari ini tentu kita menyadari bahwa PKK bagian penting juga di Sanggau untuk membantu pemerintah terutama OPD-OPD terkait dan tentunya jajaran kita semua untuk penurunan angka stunting,” ujar Bupati Paolus Hadi.

Bupati Paolus Hadi menekankan agar TP PKK terus memberdayakan anggotanya dan masyarakat terutama untuk memastikan masyarakat kita bebas dari stunting.

“Memang angka stunting kita masih tinggi, tetapi mari kita dengan bergotong-royong semuanya termasuk TP PKK kita bisa menurunkannya. Nah, TP PKK sendiri tentu sudah berjalan 51 tahun, di dalam sejarahnya justru TP PKK ini punya peran penting di dalam pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan senang lihat adanya pameran dari masing-masing TP PKK Kecamatan yang sudah menonjolkan produk unggulannya.

“Dan saya tahu itu didampingi oleh pemerintah dan tentu juga kreatifitas dari TP PKK itu sendiri, serta para camat. Pameran ini menurut saya menarik dan kita bisa cari ke depan bagaimana supaya ini juga bisa diikutkan dalam pameran terutama kita akan menghadapi MTQ Tingkat Kabupaten dan juga MTQ Tingkat Provinsi mendatang. Ayolah keluar semua kerajinan tangan yang ada di Kabupaten Sanggau,” jelas bupati Sanggau.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan dan pesan Ketua TP PKK Pusat bahwa TP PKK sebagai mitra pemerintah harus secara bersama-sama dukung Gerakan penurunan angka stunting di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sanggau.

“Tentu banyak hal yang kita siapkan, terutama melakukan langkah-langkah untuk penurunan angka stunting ini. Secara khusus dari TP PKK kita mempunyai salah satu program yang disebut dengan “Dahsyat Mama Berseri” (Dapur Sehat Mari Makan Berami Sehari-hari) dengan menu yang sehat,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau.

“Oleh karena itu, mohon dukungan kepada seluruh TP PKK secara berjenjang baik itu Ketua TP PKK kecamatan, kelurahan dan desa untuk bersama-sama maju bergerak untuk menangani stunting di Kabupaten Sanggau,” pungkasnya.