Jelang Ramadhan, Pemkab Banjar Jaga Stok Bahan Pangan dan Stabilitas Harga

Martapura - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menggelar rapat koordinasi Tim Satgas Ketahanan Pangan Tahun 2023, di Aula Barakat Martapura, Selasa (7/3). Rakor dipimpin Sekretaris Daerah M. Hilman didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Banjar Ahmadi, diikuti oleh peserta yang terdiri dari instansi dan stakeholder terkait.

Sekda M. Hilman yang juga merupakan Ketua Tim Satgas Pangan Kabupaten Banjar menerangkan, rakor bertujuan untuk menyiapkan langkah-langkah strategis agar bahan pangan tersedia dan bisa dijangkau oleh masyarakat jelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Kita berharap melalui rakor ini bisa menyamakan persepsi tentang tugas tim satgas pangan di daerah, jangan sampai saling tumpang tindih. Tugas kita adalah menjaga agar bahan pokok yang sekarang di butuhkan pada saat bulan suci Ramadan tidak terjadi kelangkaan atau tidak terjadi kenaikan yang tidak diharapkan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala DKPP Ahmadi mengatakan, pihaknya bersama tim satgas dalam waktu dekat akan melakukan monitoring sekaligus mendata ketersedian stok pangan serta memastikan tidak ada lonjakan harga yang signifikan.

”Kami akan melakukan pemantauan harga 11 komoditi pangan di pasar jelang Ramadan. Juga mengimbau kepada para pedagang agar tidak menaikan harga di luar kewajaran, dan kepada para pengunjung pasar agar tidak melakukan aksi borong supaya tidak terjadi panic buying yang menimbulkan gejolak harga tidak stabil,” pungkasnya.