Sosialisasikan Perda Terbaru, Pemkot Pekalongan Bakal Kemas Lewat LCC Kadarkum 2023

Kota Pekalongan - Menyambut Hari Jadi Kota Pekalongan ke-117 pada 1 April mendatang, serangkaian kegiatan mulai dipersiapkan salah satunya yakni lomba cerdas cermat keluarga sadar hukum (LCC Kadarkum) yang akan digelar pada 16 Maret dan akan disiarkan secara langsung melalui live streaming Batik TV.

Pemerintah kota Pekalongan melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) menggelar sosialisasi sekaligus technical meeting LCC Kadarkum yang melibatkan lurah serta pendamping, di ruang Cuiri Setda, Senin (13/3).

Analis Kebijakan Muda Bagian Hukum Setda setempat, Agus Hamzah menjelaskan lomba ini sebagai upaya sosialisasi peraturan daerah (Perda) terbaru kepada masyarakat.

“Kami kemas dalam bentuk lomba, sebelumnya kita rangkum Perda terupdate kemudian kita jadikan sebagai soal,” terangnya.

Disampaikan Agus, terdapat 5 Perda yang dilombakan antara lain Perda tentang fasilitasi pengembangan pesantren, Perda terkait retribusi persetujuan bangunan gedung, Perda tentang Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) untuk penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu, Perda retribusi penggunaan tenaga kerja asing dan Perda Lembaga Penyiaran Publik Lokal Batik TV,

“Dalam kegiatan ini kita sasar masyarakat kelurahan terutama seperti kelompok PKK atau Karang Taruna agar informasi ini bisa terserap lebih cepat ke masyarakat,” tandasnya.

Agus menambahkan lomba ini akan diikuti perwakilan 8 kelurahan yakni Bendan Kergon, Podosugih, Kuripan Yosorejo, Buaran Kradenan, Kauman, Noyontaansari, Bandengan dan Panjang Wetan.

Harapannya, melalui LCC Kadarkum, nantinya peserta tak hanya paham dan hafal akan Perda yang dirangkum tetapi juga bisa mentaati serta di getok tular ke seluruh lapisan masyarakat.