Plt Bupati Bogor Apresiasi Keberhasilan Pilkades dengan Partisipasi Cukup Tinggi

Cibinong - Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menyatakan apresiasi keberhasilan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II tahun 2023, di 36 desa 26 kecamatan Kabupaten Bogor, sehingga terciptanya suasana aman dan kondusif, mulai dari pemungutan suara hingga perhitungan suara yang berjalan dengan lancar.

Hal itu diterangkan Iwan saat mengakhiri monitoring rekapitulasi perhitungan cepat secara daring melalui Aplikasi Hitung Cepat (SITEPAT), di Cisarua, Minggu (12/3).

Berdasarkan hasil hitungan sementara yang dirilis DPMD Kabupaten Bogor, pukul 18.58 WIB persentase partisipasi masyarakat terhadap pesta demokrasi Pilkades serentak gelombang II tahun 2023 cukup tinggi. Dari total 290.526 hak pilih terdapat 230.407 atau 79,31% yang menggunakan hak suaranya.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengungkapkan, pelaksanaan Pilkades serentak berlangsung aman dan kondusif. Partisipasi masyarakat terhadap pesta demokrasi tingkat desa juga sudah cukup tinggi.

"Kami sangat apresiasi, gak sia-sia kerja keras kita mulai dari persiapan hingga pelaksanaan hari ini. Alhamdulillah kualitas demokrasi di tingkat desa sudah cukup tinggi, semoga dapat menghasilkan para kepala desa pilihan terbaik masyarakat bisa memberikan kontribusi lagi buat masyarakat, dan segera dilantik," terang Iwan.

Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Bogor Renaldi Yushab menjelaskan, proses perhitungan telah selesai dilaksanakan bersama tim Pusat Data dan Informasi Pilkades serentak Kabupaten Bogor. Katanya, seluruh informasi data terutama perolehan suara dari tiap calon tersebut akan menjadi dasar sebagai laporan ke pimpinan sambil menunggu data resmi karena data resmi itu sekarang sedang dilakukan di wilayah, selanjutnya data dilaporkan ke BPD.

"Alhamdulilah kami telah menyelesaikan perhitungan cepat. Mudah-mudahan bisa secepatnya melaporkan ke kecamatan sehingga kecamatan bisa melaporkan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor. Karena itu akan menjadi salah satu bahan tahapan berikutnya, yaitu pelantikan," jelas Reynaldi.

Menurutnya, metode hitung cepat melalui aplikasi SITEPAT dibangun untuk mempercepat informasi. Dari informasi yang cepat itu dapat bisa menjadi rujukan untuk mengambil langkah dan tindakan yang cepat pula. Misalnya ketika terjadi perbedaan yang terlalu jauh, sehingga bisa dilakukan penanganan segera.

"Kita terus melakukan check and recheck setiap angka-angka yang muncul, setiap satu atau dua angka yang muncul pasti akan berpengaruh. Kita lakukan pengecekan berulang-ulang untuk memastikan angka yang diinput sudah sesuai dan tidak ada kesalahan," imbuh kadis DPMD.

Kemudian, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanudin menyatakan, aplikasi SITEPAT sangat membantu dalam menghimpun data perolehan perhitungan suara lebih mudah dan cepat. Dengan teknologi digital kecepatan informasi bisa dengan mudah dapat diketahui dan diperoleh masyarakat.

"Sistem ini kedepan bisa menjadi pilot project untuk kegiatan pesta demokrasi yang lebih besar, seperti Pilpres, Pileg dan Pemilihan Bupati di tahun yang akan datang, sehingga rekapitulasi perhitungan suara bisa dilakukan dengan cepat," kapolres mengakhiri.