Pemkab Banjar Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah

Martapura - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023, Senin (27/3) pagi.

Turut hadir, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Plh Sekretaris Daerah Ikhwansyah, didampingi beberapa kepala SKPD dan Forkopimda secara virtual di Command Center Martapura.

Mendagri Tito Karnavian, dalam arahannya menjelaskan terkait Surat Edaran mengenai buka bersama yang dilarang adalah bukber pejabat beserta ASN dan Stafnya.

"Alasan utama dari peniadaan bukber pejabat dan ASN/Staf lebih kepada sampai tidak berempati kepada masyarakat yang tidak mampu seperti makan besar dan bermewah-mewah menimbulkan kecemburuan sosial masyarakat," jelas Tito.

Menurut Tito, tren kenaikan harga bahan pokok yaitu komoditas cabai merah, bawang putih, telur ayam ras dan daging ayam ras, bahan pokok yang masih menjadi perhatian Pemerintah yaitu minyak goreng Minyakkita dan beras SPHP.

"Memasuki bulan Ramadan diantisipasi harga bahan pokok yang mengalami spontanitas kenaikan harga karena meningkatnya permintaan kebutuhan masyarakat," ujar dia.

Ditambahkannya bahan pokok cukup dan untuk komoditi yang harganya cenderung stabil yaitu gula pasir, kedelai, tepung terigu dan minyak goreng curah, sedangkan beberapa komoditi lain ada kenaikan harga yang disebabkan meningkatnya permintaan.

Narasumber rakor ini di antaranya dari Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa Pudji Ismartini menyampaikan mengenai perkembangan harga memasuki Bulan Ramadan dan Plt Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional Sarwo Edhy terkait ketersediaan dan stabilisasi pangan pada masa HBKN Puasa dan Idul Fitri 1444 Hijriah.