Rampung Direnovasi, Wali Kota Denpasar Gelar Ritual Adat

Denpasar - Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara melaksanakan ritual adat mendem pedagingan dan pemelaspasan, mengingat telah rampungnya renovasi Bale Piyasan di Pura Dalem Gunung Sari dan Pura Desa Adat Penyaringan Sanur, Senin (27/3).

Wali Kota Jaya Negara mengatakan, selain untuk meningkatkan keharmonisan masyarakat khususnya di Desa Adat Penyaringan, pelaksanaan upacara  ini juga diharapkan mampu memancarkan energi positif di wilayah Desa Adat Penyaringan dan di Denpasar pada umumnya.

"Ini merupakan salah satu penerapan dari dharmaning agama dan dharmaning negara. Tentu kami berharap kedepannya dengan dilaksanakannya Karya Pemelaspas dan Mendem Pedagingan ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat Desa Adat Penyaringan," kata Jaya Negara.

Sementara itu, Ketua Panitia Karya Putu Edgar Tanaya mengatakan, dengan rampungnya renovasi Bale Piyasan di Pura Dalem Gunung Sari dan Pura Desa Adat Penyaringan Sanur diadakan pemelaspasan serta mendem pedagingan. Pelaksanaan renovasi Bale Piyasan ini telah dimulai 27 Februari lalu hingga sebelum hari raya Nyepi dan sekarang di pelaspas.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pemkot Denpasar. Dan kami berharap dengan pelaksanaan ini agar dapat terus mempertahankan tradisi, adat, dan budaya serta keharmonisan umat di Kota Denpasar, khususnya di Desa Adat Penyaringan,  katanya.

Selebihnya, dikatakan Edgar, selama pelaksanaan upacara ini, dipuput Ida Pedanda Griya Jelantik Intaran Sanur.