Pemkab Bogor Berencana Gelar Peringatan Otda dengan Menarik

Cibinong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berencana akan menggelar peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) tingkat Kabupaten Bogor pada 26 April mendatang yang dikemas dengan menarik dan gaung yang besar guna mewujudkan ASN yang proaktif dan berakhlak untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin pada Apel pagi di lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Senin (10/4).

"Kami harap Peringatan Hari Otda kali ini dapat dikemas dengan menarik dan memiliki gaung yang besar. Tahun ini otonomi daerah kita memasuki usia ke-27, usia yang cukup dewasa untuk memacu semangat otonomi daerah," tutur sekda.

Lanjut sekda mengatakan bahwa peringatan Hari Otonomi Daerah yang akan datang dilaksanakan dalam rangka menentukan arah kebijakan dan memantapkan pelaksanaan Otda.

"Tentunya untuk mewujudkan ASN yang proaktif dan berakhlak untuk menuju Indonesia Emas 2045," jelas Burhanudin.

Untuk diketahui bahwa Peringatan Hari Otonomi Daerah ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1996, tanggal 25 April ditetapkan sebagai Hari Otonomi Daerah, dalam rangka memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan Otda. Sementara tema besar yang diusung pada peringatan Hari Otda Tahun 2023 yakni "Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul".

Selanjutnya, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Bogor Yodi Mufrod Sudjana Ermaya menambahkan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Bogor telah melakukan tahapan persiapan pelaksanaan peringatan Hari Otda untuk menindaklanjuti Surat Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor: 100.2.8/1582/OTDA.

Salah satunya daerah diminta menyosialisasi dan menggelar Upacara Peringatan Hari Otda secara serentak pada tanggal 29 April 2023.

"Hari ini kami sudah lakukan rapat pembahasan lebih detail mengenai persiapan berbagai rangkaian Peringatan Hari Otda di Kabupaten Bogor mulai dari kegiatan sosialisasi, bakti sosial, hingga upacara peringatan," imbuhnya.