Polres Tasikmalaya Kota Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat 2023

Tasikmalaya - Polres Tasikmalaya Kota menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023 pada Senin (17/4). Kegiatan ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia mulai dari tingkat Mabes Polri hingga satuan kewilayahan.

Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023. Kegiatan ini merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Pada kegiatan ini dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti minuman keras hasil razia.

Operasi Ketupat 2023 digelar selama 14 hari sejak tanggal 18 April hingga 1 Mei 2023.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Sy Zainal Abidin menuturkan pihaknya berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan mudik dengan melakukan survei jalur dan bisa dipastikan bahwa seluruh jalur sudah siap dilintasi pemudik.

"Selain itu juga telah menyiapkan sebanyak 16 pos, terdiri dari 2 pos terpadu, 3 pos pelayan, dan 11 pos pengamanan. Dari 16 pos tersebut dikerahkan sebanyak 600 anggota kepolisian, 100 anggota TNI, dan 400 dari instansi terkait lainnya," jelasnya.

Ia juga menuturkan bahwa arus mudik dan balik Lebaran 2023 dengan tingkat kerawanan yang tinggi berada di Jalur Gentong untuk wilayah Kabupaten Tasikmalaya, sedangkan titik rawan di Kota Tasikmalaya salah satunya di pusat perbelanjaan yang berpotensi terjadinya kerumunan.

Kapolres Tasikmalaya Kota mengimbau kepada pemudik untuk menyiapakan kendaraan yang prima, kondisi fisik yang sehat dan baik, serta menyarankan setiap 4 jam sekali untuk beristirahat.

Sementara itu, Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah menuturkan bahwa Pemkot Tasikmalaya telah berkoordinasi dengan dinas dan pihak terkait, serta berharap semoga program ini dapat berjalan dengan baik.