Libur Lebaran, Pantai Sigandu Batang Jadi Favorit Wisatawan

Batang - Objek wisata kawasan Pantai Sigandu Batang, Jawa Tengah, menjadi favorit pilihan warga untuk menghabiskan libur Idul Fitri 1444 Hijriah.

Ribuan wisatawan dari berbagai daerah ramai mengunjungi objek wisata kawasan Pantai Sigandu yang menyuguhkan pemandangan pantai dan ditambah banyaknya kafe yang berdiri di pinggir pantai.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Batang Yarsono mengatakan, pada libur Lebaran 2023 warga cenderung senang berwisata di pantai. Hal ini dilihat dari kunjungan selama dua hari setelah Lebaran.

“Kurang lebih ada 8.200 orang yang berkunjung jika melihat dari data pemantauan kami,” katanya saat ditemui di Kantor Disparpora Batang, Kabupaten Batang, Selasa (25/4).

Ia juga mengatakan, tingkat kunjungan ke objek wisata pantai yang dikelola pemerintah itu terjadi kenaikan dibandingkan dengan libur Lebaran tahun 2022.

“Hasil data hari kedua setelah Lebaran, total sudah ada 26.162 orang mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Batang,” jelasnya.

Ia menjelaskan, lokasi yang paling ramai dikunjungi yakni kawasan Pantai Sigandu, Forest Kopi, Pantai Ujungnegoro, Waykambang dan Pantai Kuripan.

“Seperti yang telah diprediksi di awal sebelumnya, menurut pengalaman-pengalaman yang lalu untuk Lebaran tahun ini perkiraan jumlah pengunjung di hari kedua Lebaran itu ada peningkatan,” ungkapnya.

Selama pengunjung ramai, jelasnya, situasi di kawasan objek wisata tetap aman dan nyaman, tidak ada gangguan yang membuat pengunjung tidak nyaman.

“Pengunjung yang berwisata di kawasan Pantai Sigandu didominasi dari luar kota jika melihat dari nomor plat mobil,” ujar dia.

Ia berharap kunjungan ke tempat wisata yang dikelola pemerintah terus meningkat, sehingga pendapatan asli daerah (PAD) Pemkab Batang nantinya dapat digunakan untuk pembangunan.