KPU Pangkep Lakukan Coklit Serentak

Pangkep - Dalam rangka pelaksanaan tahapan pemutakhiran data pemilih, KPU Pangkep menggelar Gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Serentak (GCS), Sabtu (18/7).

Bersama PPK, PPS dan PPDP, KPU Pangkep melakukan Coklit tokoh masyarakat dan sejumlah kelompok pemilih dari pintu ke pintu di seluruh kecamatan di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

" Jadi kegiatan GCS ini serentak di 270 daerah termasuk Pangkep, dengan agenda utama adalah pencocokan dan penelitian dokumen kependudukan dengan data pemilih, termasuk mendata pemilih yang belum terdaftar sebagai pemilih baru namun telah memenuhi syarat," jelas Komisioner KPU Pangkep Divisi Perencanaan Data dan Informasi Rohani.

Rohani menambahkan, untuk Coklit kali ini, pihaknya mengunjungi langsung tokoh masyarakat, tokoh ormas, akademisi dan pejabat Pemerintah Kabupaten Pangkep.

"Dari pagi sampai siang saya bersama tim serta ketua Bawaslu Pangkep melakukan door to door, tujuannya juga untuk mensosialisasikan bahwa kegiatan ini adalah tahapan penting yang harus disambut baik oleh masyarakat," tambahnya.

Sebelum pelaksanaan Gerakan Coklit Serentak (GCS), pihaknya juga telah melaksanakan Gerakan Klik Serentak (GKS) pada 15 Juli 2020 dengan mengajak masyarakat untuk melakukan pengecekan sebagai pemilih untuk pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pangkep 9 Desember 2020 mendatang.

Tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih di Pangkep berlangsung hingga 13 Agustus mendatang dengan melibatkan 65 panitia pemilihan kecamatan (PPK), 309 panitia pemungutan suara (PPS) dan 709 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).