Plt Bupati Pimpin Apel Gabungan BPBD dan DPKP Muara Enim

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah memimpin Apel Gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Muara Enim di halaman Kantor BPBD Kabupaten Muara Enim, Kamis (27/4).

Dalam arahannya di depan seluruh pegawai BPBD dan DPKP, Plt Bupati Kaffah mengatakan, Muara Enim merupakan salah satu kabupaten yang luas di Provinsi Sumatera Selatan dengan dataran tinggi dan dataran rendah (sebagian lahan gambut) serta ada dua sungai besar Sungai Enim dan Sungai Lematang dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi.

"Melihat hal tersebut tentu kita selaku pemerintah terutama kepada BPBD dan DPKP mempunyai tugas berat dalam menjamin keselamatan dan keamanan masyarakat baik dari bencana alam ataupun bencana non-alam," ujarnya.

Untuk itu, Plt Bupati Kaffah mengajak semua jajaran BPBD dan DPKP Kabupaten Muara Enim agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya bencana mengingat perubahan musim saat ini sangat cepat dan tidak mudah untuk diprediksi.

“Jadi, kepada semua jajaran anggota BPBD dan DPKP Kabupaten Muara Enim harus mengutamakan sikap preventif (pencegahan) karena akan lebih baik jika bisa dicegah dari pada mengatasi kejadian yang sedang berlangsung tentu itu akan memakan lebih banyak energi dan segalanya,” pinta Plt Bupati Kaffah.

Di samping itu, Plt Bupati Kaffah juga menggarisbawahi agar semua peralatan penanggulangan bencana dan pemadam kebakaran harus dalam keadaan baik dan prima saat digunakan.

“Jangan sampai pada saat ada kejadian (bencana) baru diperiksa ataupun dipersiapkan, semuanya harus stanby harus siap dalam keadaan prima, karena keselamatan dan keamanan serta ketentraman masyarakat adalah tolak ukur kita sebagai abdi negara dan abdi masyarakat,” tegas Kaffah.

Kemudian, Plt Bupati Kaffah mengimbau agar seluruh anggota pemadam, penyelamatan dan penanggulangan bencana dapat terus berlatih jika perlu datangkan tenaga ahli supaya pada saat menangani bencana dapat semakin profesional dalam mengambil tindakan karena keselamatan diri sendiri dan masyarakat akan membuat semuanya menjadi lebih bermakna.