Ikuti Halalbihalal, Wabup Sanggau Ajak Buka Lembaran Baru untuk Kemajuan Daerah

Sanggau – Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot beserta istri Yohana Kusbariah Ontot menghadiri halalbihalal, sekaligus menyaksikan langsung pertunjukan kesenian Jawa kuda lumping di SP 2 Desa Trimulya, Kecamatan Mukok, Kamis (28/4).

 

Dalam sambutannya, Yohanes Ontot mengajak untuk menjadikan momentum halalbihalal untuk bersama-sama membuka lembaran baru masa depan, dengan menyatukan hati, menyatukan niat dan langkah, menyatukan ikhtiar serta tekad, saling mengingatkan dan saling membantu, agar visi daerah dalam mewujudkan Kabupaten Sanggau maju dan terdepan.

Ia juga menyampaikan bahwa kesenian Jawa jenis Kuda Lumping ini patut dilestarikan karena sudah mulai terkikis di tengah era digitalisasi.

“Seni budaya adalah sesuatu yang sifatnya universal yang mana dapat dilakukan oleh suku bangsa manapun dan dapat dinikmati oleh suku bangsa manapun," ujarnya.

Ia juga mengatakan eksistensi kesenian Jawa yang ditampilkan dalam bentuk pagelaran ini menambah warna dan kekayaan budaya khususnya di Kabupaten Sanggau.

“Semoga dengan bertambahnya kelompok Kuda Lumping di Kabupaten Sanggau selain untuk melestarikan seni budaya, juga menjadi hiburan rakyat bagi semua suku yang ada di Kabupaten Sanggau," pungkasnya.